Cara Pembuatan Larutan PUPUK PHONSKA CAIR Untuk Tanaman CABE

Di pasaran, harga pupuk organik maupun anorganik cukup mahal. Adakalanya untuk menunjang dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman, petani menambahkan beberapa pupuk cair maupun pupuk padat guna mempercepat laju tumbuh kembang organ tanaman mulai dari organ akar, batang, daun, biji, buah, bunga.

Pemberian pupuk harus sesuai dosis dan takaran yang benar, sehingga pada akhirnya akan diperoleh tanaman yang berkualitas tinggi (hight quality). Karena bagaimanapun juga hasil pertanian yang melimpah juga dipengaruhi oleh faktor dalam penanaman dan perawatan yang baik dan benar. Baca juga artikel berikut: Jadwal Pemupukan Pada Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.

Dalam budidaya tanaman cabe, baik itu cabe merah, cabe rawit, cabe hijau keriting, cabe lado, dan varietas cabe lainnya, tentunya penambahan beberapa jenis pupuk organik maupun anorganik juga sangat penting dilakukan, supaya ke depannya tanaman memiliki nutrisi di dalam tanah yang cukup, sehingga dengan tambahan nutrisi itulah tanaman akan menjadi sehat, sistem pertahanan tubuhnya menjadi bagus sehingga sulit terserang hama maupun penyakit tanaman.

Pohon Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat Karena Pupuk Phonska Cair
Pohon Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat Karena Pupuk Phonska Cair, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)


Pupuk phonska merupakan salah satu jenis pupuk yang beberapa petani cabe telah mengganggap sebagai pupuk racikan yang sangat bagus bagi tanaman. Selain itu, phonska juga dipercaya petani mampu merangsang pertumbuhan daun, akar tanaman menjadi kuat, daun semakin hijau, dan pada akhirnya tanaman cabe menghasilkan buah yang sangat lebat sekali. Pupuk jenis phonska ini sudah pernah digunakan oleh petani cabe khususnya yang ada di daerah Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.


Cabe Rawit Berbuah Lebat Akibat Penggunaan Pupuk Phonska Cair
Cabe Rawit Berbuah Lebat Akibat Penggunaan Pupuk Phonska Cair, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)
Para petani umumnya memberikan pupuk phonska dalam bentuk cairan yang disiramkan pada akar di sekitar pusat tanaman cabe yang dalam masa pertumbuhan.

1. CARA PEMBUATAN LARUTAN PUPUK PHONSKA CAIR

Untuk pembuatan pupuk phonska cair untuk tanaman cabe, mari ikuti pembahasan lengkap berikut ini:

  • Untuk membuat larutan phonska cair tetap membutuhkan pupuk anorganik jenis lain sebagai tambahan nutrisi bagi tanaman lainnya, maka anda juga harus menyiapkan beberapa hal seperti: pupuk SP sebanyak 1 kg, pupuk KCL sebanyak 1 kg,  dan pupuk phonska sebanyak 2 kg;
  • Siapkan air bersih dalam beberapa ember besar;
  • Masukan air bersih sebanyak 8 Liter ke dalam ember, kemudian masukan juga masing-masing pupuk SP 1kg, pupuk KCL 1 kg, pupuk phonska 2 kg ke dalam air di dalam ember tersebut lalu aduk hingga merata sehingga menjadi larutan phonska yang siap untuk digunakan;
  • Sampai pada tahap ini anda telah berhasil membuat larutan phonska cair.
2. CARA PENGGUNAAN LARUTAN PHONSKA CAIR

Setelah anda berhasil membuat larutan phonska cair, maka langkah berikutnya adalah cara penggunaannya. Untuk penggunaan larutan pupuk phonska, silakan baca panduan berikut ini:
  • Pada point pertama tentang cara pembuatan larutan phonska cair, kita telah berhasil membuat larutannya. Jadi adonan pupuk phonska cair sebanyak 8 Liter dibagi-bagi untuk dalam tiap penggunaannya. Sebagai praktek: Ambil 1 Liter dari 8 Liter larutan adonan pupuk phonska tersebut, kemudian campurkan dengan air sebanyak 20 Liter air bersih, jadi jika kita membuat sebanyak 8 Liter larutan adonan phonska cair, maka kita harus melarutkannya pada 160 Liter air. Tujuan dari pengenceran larutan phonska dengan air supaya ketika diberikan kepada tumbuhan tidak membuat akar tumbuhan menjadi panas;
  • Setelah larutan adonan phonska diencerkan pada 1 Liter air atau lebih, selanjutnya adalah masukanlah larutan enceran pupuk phonska cair tersebut ke dalam alat semprot, barulah setelah itu semprotkan larutan phonska ke bagian akar dimana letak tanaman itu tumbuh. Penggunaan larutan adonan phonska juga dapat langsung diberikan ke tiap-tiap tanaman dengan menggunakan gayung. 1 tanaman cukup diberikan 1/2 gayung larutan phonska yang telah diencerkan dengan air sesuai ketentuan yang dijelaskan di atas;
  • Jika larutan phonska habis, anda dapat membuatnya berulang kali sesuai kebutuhan;
  • Dengan mengikuti langkah di atas, semoga tanaman cabe yang telah anda budidayakan akan semakin terawat dengan baik dan menghasilkan buah cabe yang lebat, serta subur. Silakan dipraktekan.
  • Sebagai tambahan informasi bahwa untuk pemberian larutan pupuk phonska cair ini wajib diberikan pada tumbuhan yang telah berumur 1 - 3 bulan dalam perawatan. Berikan larutan phonska cair tersebut pada umur tanaman cabe sejak 20 hari pertama sejak bibit dipindahkan ke bedengan bermulsa, juga berikan saat tanaman cabe berumur 40 hari, umur 60 hari, dan umur 80 hari.

Demikianlah informasi tentang: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair Untuk Tanaman Cabe". Dengan pemberian pupuk phonska cair ini, diharapkan tanaman akan terpenuhi nutrisinya sehingga akan menghasilkan produktivitas panen yang tinggi. Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan lupa baca juga: Bertani Cabe Rawit, Cabe Merah Memang Seru, Cobain Yuk?.

Artikel Terpopuler

Cara Pembuatan Larutan PUPUK PHONSKA CAIR Untuk Tanaman CABE
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

100 komentar

January 8, 2016 at 1:26 PM Delete

Pupuk cair phonska di berikan dlm jangka waktu berapa lama pada tananam cabai. Trimakasih

Reply
avatar
January 9, 2016 at 1:17 AM Delete

Hallo pak Dian Febby, Salam kenal untuk Anda. Terimakasih atas koreksinya (sudah saya perbaiki pada bagian artikel di atas yang relevan dengan pertanyaan bapak)
Saya perjelas lagi ya pak...
Untuk penggunaan larutan pupuk phonska cair yakni saat umur tanaman cabe menginjak umur 20 hari pertama sejak bibit dipindahkan ke bedengan bermulsa, juga berikan saat tanaman cabe berumur 40 hari, umur 60 hari, dan umur 80 hari.
Semoga bermanfaat.

Reply
avatar
January 20, 2016 at 5:35 PM Delete

Takaran stengah gayung itu kira2 brp ml ya?

Reply
avatar
January 20, 2016 at 6:15 PM Delete

Halo mas Tatan,
Itu kurang lebihnya 600 ml atau setara dengan 3 gelas minum yang didapur. Karena 1 gelas minum kaca itu biasanya mampu menampung untuk volume air sebanyak 200ml.

Reply
avatar
January 22, 2016 at 2:18 PM Delete

di semprotkan di bagian akar jadi penyemprotannya seperti menyiram tanaman cabai ya mas,mohon penjelasannya mas wahid

Reply
avatar
January 22, 2016 at 4:58 PM Delete

Hallo mas Andri Wiyanto, salam kenal untuk anda.
Berdasarkan pengalaman saya, iya mas Andri langsung saja larutan pupuk phonska cairnya disiramkan ke masing-masing tanaman yaitu tepat di bawah akar tanamannya. Semoga bermanfaat artikel di atas, jangan lupa baca2 artikel lainnya. Terima kasih. Salam kenal.

Reply
avatar
March 2, 2016 at 9:03 PM Delete

Mohon penjelasan mengenai Nama Produk ini mas...PHONSKA CAIR?...ini membingungkan saya, karena setau saya PHONSKA itu adalah Merek Dagang dari Pupuk NPK PETROKIMIA GRESIK (SUBSIDI), sehingga saya sempat berpikir apakah Petrokimia mengeluarkan pupuk NPK cair?..

Reply
avatar
March 3, 2016 at 10:45 PM Delete

Hallo mas Edy Arwin, salam kenal untuk anda..
Phonska cair itu maksudnya hasil dari pengocoran pupuk phonska padat menjadi cair yang dibuat secara sendiri oleh petani/pekebun. Sebagai informasi saja, Sepemehaman saja juga memang untuk saat ini memang pihak NPK Petrokimia Gresik belum ada NPK cair. Semoga membantu.

Reply
avatar
March 3, 2016 at 11:54 PM Delete

Salam kenal Mas..
Mohon penjelasannya phonska cair tsb dapatkah disemprotkan seperti penyemprotan pupuk daun dan dicampur dgn insektisida/fungisida..

Reply
avatar
March 4, 2016 at 8:55 PM Delete

Hallo pak Norton, salam kenal juga.
Mohon maaf, untuk saya sendiri belum pernah mencoba mencampurkan phonska cair dengan pestisida/insektisida dan atau sejenisnya. Jadi saya belum bisa menjelaskan secara rincinya. Terima kasih.

Reply
avatar
March 9, 2016 at 11:45 PM Delete

Halo pak..salam kenal. Jika pupuk cair itu ga habis terpakai.masih bisa disimpan utk pemakaian periode selanjutnya. Mohon penjelasan. Trims

Reply
avatar
March 10, 2016 at 10:32 PM Delete

Hallo ibu Ira Sulastri, salam kenal juga untuk Anda. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya > guruilmuan.blogspot.co.id.
Saya pernah mencoba menyimpan pupuk phonska cair yang masih tersisa, dan bisa dipakai pada hari berikutnya. Namun kalau bisa diusahakan saja dihabiskan pada saat hari itu saja. Terimakasih. Semoga membantu. Anda boleh membalas pesan ini jika ada pertanyaan serupa.

Reply
avatar
March 31, 2016 at 7:43 PM Delete

Waah..makasih sdh d jawab pak.. artikel ini sgt menolong.

Reply
avatar
April 25, 2016 at 9:04 AM Delete

Terimakasih atas jawabannya pak..
Kalau disemprotkan ke daun bisa apa tidak y pak, maksudnya digunakan sebagai pupuk daun..

Reply
avatar
April 25, 2016 at 6:07 PM Delete

Hallo mas Norton, mohon maaf pak saya sendiri belum pernah mencoba untuk aplikasi larutan pupuk phonska cair di atas ke daun cabe. Saya hanya menggunakannya sebagai pupuk cair yang dikocor kemudian disiram ke bagian pusat tumbuh tanaman (akarnya). Jika bapak mau mencobanya untuk diaplikasikan di bagian daunnya, nanti kabarin saya hasilnya gimana ya pak, biar nanti bisa saya tuliskan di blog ini, siapa tau bisa bermanfaat untuk teman-teman petani di Indonesia. Terimakasih pak atas pertanyaan anda.

Reply
avatar
April 29, 2016 at 10:58 PM Delete

Buat tanaman jagung cara beda gk?

Reply
avatar
April 30, 2016 at 7:30 AM Delete

Hallo pak Sigit. Mohon maaf saya sendiri belum pernah praktek untuk larutan phonska yang dijelaskan di atas tuk tanaman jagung. Mungkin bapak bisa mengaplikasikannya. Nanti jika berkenan kasih tahu ke saya bagaimana perkembangan tanaman jagungnya jika diberi larutan pupuk phonska cair seperti yang dijelaskan di atas,. Terimakasih pak.

Reply
avatar
May 20, 2016 at 5:24 AM Delete

Klo diaplikasikan ditanaman lada phonska cair ini bisa ga? Trus ada jarak ga berapa cm dari batang pemnyemprotannya? Trims sebelumnya...

Reply
avatar
May 20, 2016 at 6:09 AM Delete

Hallo pak Bernard Paingi. Salam kenal untuk anda. Mohon maaf pak saya sendiri belum pernah mengaplikasikan untuk larutan pupuk phonska cair ini untuk tanaman lada. Untuk sementara ini saya baru mengaplikasikannya pada tanaman cabe. Jika bapak mau mencoba aplikasi ditanaman lada silakan pak, nanti bapak bisa komentar kembali di atikel ini untuk berbagi kepada teman-teman petani/pekebun yang lainnya terkait dengan aplikasi yang telah bapak lakukan pada tanaman lada tersebut. Terima kasih.

Reply
avatar
September 4, 2016 at 9:17 AM Delete

om kalo mo buat biang phoska cair 4 liter brp perbandingan phonska,sp36 dan kclnya?
kl untuk melarutkannya brp perbandingan air dengan phonska cairnya untuk media tanam di polybeg dan untuk pengaplikasian dan pengocoran per polybeg brp?
salam berkebun

Reply
avatar
September 9, 2016 at 4:39 AM Delete

Hallo mas Fadly Rangkuty, salam kenal.
Sudah saya jelaskan di atas caranya, tinggal menyesuaikan saja mas Fadly...
Untuk pembuatan larutan phonska cair untuk tanaman cabe yang dibudidaya di wadah polybag sama saja dengan penjelasan di atas, namun bedanya dari cara aplikasi. Jadi, beri 100 mL/setengah gelas larutan phonska pada tiap2 tanaman cabe yang dibudidaya di polybag. Beri tiap 1 atau 2 minggu sekali. Usahakan pemberian larutan phonska pada tanaman yang berumur di atas 1 bulan, lebih tuaan malah bagus mas. Silakan bereksperimen, semoga berhasil. Terimakasih. Semoga berguna.

Reply
avatar
October 2, 2016 at 1:18 AM Delete

Terima kasih banyak pak atas sarannya

Reply
avatar
October 2, 2016 at 1:19 AM Delete

Terima kasih atas sarannya pak

Reply
avatar
October 3, 2016 at 1:09 PM Delete

oke pak semoga informasi ttg pembuatan larutan phonska cair bermanfaat. silakan diaplikasikan pak,..terimakasih telah berkunjung ke blog saya. salam kenal pak renungan.. :D

Reply
avatar
October 6, 2016 at 1:42 PM Delete

APAKAH PEMBERIAN DOSISNYA SAMA PADA UMUR TANAMAN 20 HST 40 HST 60 DAN 80 HST. TRMS

Reply
avatar
October 7, 2016 at 5:01 AM Delete

Hallo mas Sutra, salam kenal untuk anda. Terimakasih atas pertanyaannya.
Berdasarkan pengalaman, tetap sama saja mas.
Semoga hari anda menyenangkan, mas Sutra !!! - Wahid.

Reply
avatar
November 13, 2016 at 1:42 PM Delete

Halo pak...salam kenal saya mau bertanya bagaimana caranya& apa obatnya untuk tanaman cabe yang duanya keriting pak.

Reply
avatar
November 16, 2016 at 10:19 AM Delete

MAU TANYA MAS WAHID PRIYONO APAKAH DISEMPROTKANNYA JUGA DIDAUN SELAIN DIAKAR? MOHON PENJELASANNYA!

Reply
avatar
November 16, 2016 at 10:21 AM Delete

APAKAH PENYEMPROTAN ITU DILAKUKAN SELAIN DI AKAR DI DAUN JUGA KAH? MOHON PENJELASANNYA MAS WAHID PRIYONO

Reply
avatar
November 17, 2016 at 4:42 AM Delete

Hallo mas Juni Atmaja... berdasarkan pengalaman saya, sangat bisa sekali jika penyemprotan larutan phonskanya dilakukan di organ akar dan di bagian daunnya. Semoga jawaban dari saya membantu anda. Terimakasih.

Reply
avatar
November 17, 2016 at 4:44 AM Delete

Hallo mas Juni...Sepengetahuan dan berdasarkan pengalaman saya, sangat bisa sekali untuk penyemprotan phonska dilakukan di organ akar maupun daunnya. Semoga jawaban saya membantu anda. Thanks.

Reply
avatar
November 17, 2016 at 4:58 AM Delete

Hallo pak Jakup Tarigan. Untuk tanaman cabe yang daunnya keriting, bapak bisa membaca pada artikel yang sudah saya buat pak, silakan baca ini pak: Agar Daun Cabe Tidak Keriting dan Tidak Terserang Hama Maupun Penyakit

Semoga membantu pak. Terimakasih.

Reply
avatar
November 23, 2016 at 2:36 PM Delete

Salam kenal mas Priyono, artikel anda sangat bagus dan membantu sekali.
saya mau menanyakan apakah formula pupuk cair ini bisa di aplikasikan pada Tomat dan Melon, dan apakah bisa juga diterapkan dengan sistem peyiraman tetes/Fertigasi

terimakasih
salam

Reply
avatar
November 23, 2016 at 3:16 PM Delete

mas priyono apakah penyiraman air biasa perlu dilakukan setiap hari (perhari berapa kali) selain jadwal penyiraman larutan phonska kalo di polybag tiap minggu/2 minggu sekali 100mL?

Apakah maksudnya larutan adalah larutan Phonska cair + air bersih sesuai formula tersebut

terimakasih
salam

Reply
avatar
November 29, 2016 at 5:55 PM Delete

adalamualaikum ,trimkasih infonya ,insyaa llh diprktekan,moga manfaat

Reply
avatar
December 3, 2016 at 1:53 PM Delete

Hallo pak Dono, terimakasih atas pertanyaan anda, Salam kenal pak. Silakan dipraktekan, semoga berguna infonya ya...

Reply
avatar
December 3, 2016 at 2:01 PM Delete

Hallo pak Suyono, salam kenal untuk anda.
Oh iya pak.. mohon maaf, sebelumnya saya belum pernah mencoba aplikasi larutan phonska pada tanaman tomat maupun melon, jadi saya belum berani untuk berargument pak. Silakan bapak bisa mencobanya (eksperimen), dan nanti hasilnya bisa dilaporkan kepada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Reply
avatar
December 3, 2016 at 2:04 PM Delete

Hallo pak Suyono, penyiraman pada tanaman sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, terutama untuk jenis tanaman yang memang sedang hidup pada musim hujan. Sebaiknya, siram tanaman sesuai kebutuhan, artinya jika tanahnya sudah kering/tingkat kelembaban tanah rendah maka bisa dilakukan penyiraman, supaya hasilnya lebih optimal. Sementara itu, bisa pak per dua minggu sekali diberi larutan phonska sesuai petunjuk pengecoran di atas, 200 mL/tanaman. Selamat mencoba pak, semoga berhasil.

Reply
avatar
December 7, 2016 at 2:53 PM Delete

aslm pak mau tanya untuk pemupukan phonska cair bisa gak diterapkan dipadi mohon petunjuknya setahu saya phonska cair sudah dilakukan petani yogyakarta

Reply
avatar
December 9, 2016 at 4:31 AM Delete

Hallo mas Ardi Nata, mohon maaf saya sendiri belum pernah aplikasi phonska ke tanaman padi, mohon maaf mas, saya belum bisa eksplore lebih jauh. Terimakasih. Namun, jika mas Nata ada pengalaman terkait hal tersebut, silakan disahre saja di kolom komentar pada artikel di web ini. :)

Reply
avatar
December 10, 2016 at 10:13 PM Delete

mas gimana cara larutkan pupuk sp..? pupuk yang saya gunakan sp 36.?

Reply
avatar
December 10, 2016 at 10:26 PM Delete

halo mas.. gimana cara larut kan pupuk sp 36..? saya menggunKan pupuk sp 36 tersebut..

Reply
avatar
December 12, 2016 at 3:54 AM Delete

Hallo mas Fajar Strak, Salam kenal.
Izin menjawab. Caranya adalah: 4 Liter air tuk 1 kg pupuk sp36, lalu aduk sampe merata,dah pas itu mas.
Terus aplikasinya cukup mudah, untuk 1 Liter pupuk yang sudah dibuat tadi dilarutkan lagi pada 10 - 15 Liter air, baru disemprot atau disiramkan tepat pada akar tanaman. Semoga membantu mas. Itu pengalaman saya sih.

Reply
avatar
December 16, 2016 at 10:54 PM Delete

Pak kalau phonska cair yang di semptotkan ke daun bahaya tidak untuk tunas..kebakar misalnya

Reply
avatar
December 16, 2016 at 11:01 PM Delete

Untuk tunas baru bikin kebakar nga mas

Reply
avatar
December 16, 2016 at 11:08 PM Delete

Bahaya tidak kalau di semprotkan ke daun misalnya tunas kebakar

Reply
avatar
December 17, 2016 at 8:21 AM Delete

Hallo pak Hubertus. Saya sudah membalas email anda, dan sudah saya jawab.
Izin menjawab: Sebaiknya langsung di semprot/disiramkan pada bagian tanah di sekitar akar tanaman cabe tersebut tumbuh. Semoga membantu pak. Terimakasih.

Reply
avatar
December 17, 2016 at 8:24 AM Delete

Hallo pak Hubertus. Saya sudah membalas email anda, dan sudah saya jawab.
Izin menjawab: Saran saya, alangkah baiknya langsung di semprot/disiramkan pada bagian tanah di sekitar akar tanaman cabe tersebut tumbuh. Namun, apabila bapak ingin mencobanya (menyemprotkan larutan phonska pada bagian organ daun/tunas pada tanaman cabe, monggo silakan pak, nanti hasil eksperimennya bisa dilaporkan kembali di kolom komentar postingan artikel ini. Semoga membantu pak.

Reply
avatar
December 17, 2016 at 5:11 PM Delete

Hallo mas Muhammad S. Salam kenal mas..
NPK - Phonska .

Reply
avatar
December 17, 2016 at 10:43 PM Delete

Salam kenal pak,terima kasih sudah sharing tentang larutan phonska.

tanaman cabe saya kerdil dan terkena penyakit,saya dudah mencoba berbagai cara tapi hasil nya tetap nihil
Saya mau coba praktekan larutan phonska ini,tapi sepertinya di daerah saya (belitung) pupuk phonska belum ada
Apa bapak menjual pupuk nya juga??

Reply
avatar
December 21, 2016 at 11:48 AM Delete

Hallo pak Reza, salam kenal pak. Silakan dicoba pak resep meningkatkan kualitas buah cabe dengan alrutan phonska cair. Oh, iya pak mohon maaf saya untuk sementara ini saya belum menjualnya, insya Allah ke depannya saya akan coba. Namun, coba bapak bisa belinya di toko/suplier pupuk di daerah bapak. Semoga tersedia pak. Terimakasih.

Reply
avatar
December 21, 2016 at 6:58 PM Delete

Mas apa stelah usia 80 HST, cabai masih boleh dikasih pupuk cair? Dan brapa lama jarak antar penyemprotan? Trims

Reply
avatar
December 22, 2016 at 7:13 AM Delete

Hallo mas Dyan Widyastanto... Salam kenal. Boleh mas, saran saya berikan pupuk cair phonska sesuai langkah di atas yakni pada saat tanaman cabe mulai tumbuh bunga-bunganya. Saat itulah paling bagus untuk memperbanyak bunga dan buahnya. Saya masalahnya sudah mencoba dan alhamdulillah berhasil. Selamat mencoba mas Dyan. Sukses selalu untuk anda.

Reply
avatar
December 22, 2016 at 7:15 AM Delete

Oh, iya mas... untuk jarak penyemprotan/pemberian phonska pada daerah sekitar akar tanaman cabe adalah setiap 10 hari sekali. Atau perminggu juga lebih baik mas.

Reply
avatar
January 11, 2017 at 12:57 AM Delete

Asslkm mas wahid.salam knal..kalo boleh mohon di share foto" tanaman cabe mulai dari awal tanam,-10hr-20hr-30hr dsr.soalnya saya pemula petani cabe. Trimakash.

Reply
avatar
January 12, 2017 at 2:12 PM Delete

Hallo pak Ahmaf, salam kenal untuk anda. Sebelumnya saya mohon maaf pak, saya belum bisa memberikan foto2nya untuk saat ini. Terimakasih. Bapak bisa membaca artikel saya berikut ini >>> http://guruilmuan.blogspot.co.id/2015/12/jadwal-pemupukan-pada-tanaman-cabe-yang.html

Reply
avatar
January 20, 2017 at 9:19 PM Delete

Assalamualaikum mas Wahid saya mo tanya cara aplikasi penggunaan phonska cair dengan pupuk organik cair mana yg hrs di dulukan

Reply
avatar
January 21, 2017 at 4:02 PM Delete

saya sdah praktekan mmbuat phonska cair nya mas, hsilnya sngat bagus. prtumbuhan cabe sya sangat cepat. sya mau nnya mas, itu ppuk tsp ssah larutnya ya mas.

Reply
avatar
January 24, 2017 at 8:21 PM Delete

terimakasih informasinya.....

Reply
avatar
January 26, 2017 at 7:29 AM Delete

Hallo pak Jiee....salam kenal untuk anda. Iya pak semoga informasi di atas tentang cara membuat dan melarutkan pupuk cor phonska cair bisa berguna untuk semua petani di Indonesia. Sukses selalu ya pak tuk kocor cabenya.

Reply
avatar
January 26, 2017 at 7:30 AM Delete

Hallo pak....salam kenal untuk anda. Iya pak semoga informasi di atas tentang cara membuat&melarutkan pupuk cor phonska cair bisa bermanfaat untuk semua petani di Indonesia. Sukses ya pak tuk kocor cabenya. Selamat mempraktekan.

Reply
avatar
January 26, 2017 at 7:33 AM Delete

Hallo mas Abu Bakar, terimakasih atas informasinya. Saya senang mendengar kabar baiknya. Kalo pupuk TSP susah larut bisa terlebih dahulu dilarutkan pada air panas pak, terus dibiarkan terlebih dahulu agar dingin, baru nanti kemudian dicampurkan dengan phonska dan pupuk jenis lainnya. Semoga membantu pak.. tolong sebarkan ke petani cabe lainnya jika informasi di dalam website ini bermanfaat. Terimakasih.

Reply
avatar
January 26, 2017 at 7:37 AM Delete

Hallo pak Broto Siswoyo. Salam kenal...
Walaikumsalam pak...
Pupuk phonska cair itu dipakai sebaiknya pada saat tanaman cabe sudah berumur di atas 1,5 bulan ke atas pak. Atau bisa diaplikasikan pada saat tanaman cabe hendak menginjak waktu pembungaan. Pupuk larutan phonska cair ini kan memang bagus pak tuk merangsang pembentukan bunga karena mengandung unsur N, P, dan Kalium (K) yang cukup tinggi. Dimana unsur K ini sangat penting untuk pembentukan organ bunga maupun daun. Semoga membantu ya pak. Terimakasih banyak pak...

Reply
avatar
January 29, 2017 at 10:21 PM Delete

Trima ksih mas wahid jawabanya sangat membantu saya sebagai pemula

Reply
avatar
January 29, 2017 at 10:27 PM Delete

Assalamualaikum mas Wahid klo musim hujan berapa takaran phonska untuk cabe yg di stas 2 bln hst

Reply
avatar
January 30, 2017 at 9:55 AM Delete

hallo pak Broto Siswoyo... sepertinya sama saja pak untuk dosisnya seperti penjelasan di atas. Semoga membantu.

Reply
avatar
February 10, 2017 at 5:33 AM Delete

Pak wahid, makasih ilmu nya pak, saya lagi coba bisnis dibidang pertanian, nanti saya coba terapkan ilmu yg bapak kasih, makasih ya pak, moga petani indonesia tambah maju

Reply
avatar
February 10, 2017 at 5:38 AM Delete

Pagi pak wahid, makasih pak infonya, saya mau tanya pak, berarti kita kasih pupuk nya pd umur 20, 40
, 60 smpi 80 ya pak berarti ketika dia sedang berbuah tidak masalah juga ya pak memberi pupuk phonska nya? Makasih pak

Reply
avatar
February 14, 2017 at 11:52 AM Delete

oke pak Sudi... terimakasih juga... sukses selalu untuk bisnis di bidang pertaniannya... salam kenal pak...silakan dicoba cara pembuatan phonska cairnya..

Reply
avatar
February 14, 2017 at 11:56 AM Delete

Hallo pak Sudi, sebaiknya untuk pemberian larutan pupuk phonsca cair pada tanaman cabe, sangat bagus diaplikasikan pada tanaman cabe yang masih dalam tahap pertumbuhan (umur 20-40 hari) setelah pembibitan awal. Lebih bagus lagi pemberian larutan phonska tersebut pada saat tanaman cabe sedang akan mulai berbunga. Karena unsur N, P, dan K pada pupuk phonska mampu merangsang/memicu dalam pembentukan bunga dan buah agar lebih lebat. Semoga membantu ya pak..

Reply
avatar
February 16, 2017 at 1:49 AM Delete

pak saya mau nanyak.. kira kira kebakar gak akarnya kalo disiram langsung di batang akarnya

Reply
avatar
February 17, 2017 at 2:42 PM Delete

Jangan disiram langsung di bagian akar batangnya. Coba diberi jarak 5-7 cm tuk penyiraman dengan larutan phonska cairnya. Semoga membantu pak. Salam kenal :)

Reply
avatar
February 24, 2017 at 2:37 PM Delete

Asalam alaikum..
Mau nanyak apakah phoska cair..
Untuk pupuk phoska nya bisa di ganti dgn npk bas

Reply
avatar
February 27, 2017 at 12:58 PM Delete

hallo mas, salam kenal sedikit pertanyaan bukan kah phonska adalah NPK, sedangkan KCL dan SP adalah bagian dari NPK apa tujuan NPK ditambah KCL dan SP? trims

Reply
avatar
March 12, 2017 at 12:04 PM Delete

Apakah pupuk phonska bisa digunakan untuk hidroponik?

Reply
avatar
March 14, 2017 at 10:56 AM Delete

Hallo Pak Family Health Care... salam kenal pak...
Saya sendiri belum pernah coba pak pupuk phonska untuk tanaman hidroponik. Setau saya untuk tanaman hidroponik sudah ada obat/pupuknya sendiri. Semoga membantu ya. Terimakasih.

Reply
avatar
March 14, 2017 at 11:07 AM Delete

oke pak Halla, sama-sama pak, terimakasih juga sudah membaca artikel tentang cara membuat larutan pupuk phonska cair untuk tanaman cabai. Salam berkebun :)

Reply
avatar
March 14, 2017 at 11:28 AM Delete

Hallo pak Ulil Azmi.. oh iya pak,,monggo/silakan diganti dengan NPK pak. Nanti hasilnya dilaporkan di komentar ini, semoga hasil eksperimen bapak berhasil. Selamat menanam cabe pak :)

Reply
avatar
March 14, 2017 at 11:32 AM Delete

Karena kandungan jumlah unsur N, P, dan K setiap pupuk pasti berbeda, makainya dicampur/ditambahkan KCL dan SP dengan tujuan agar kandungan N, P, dan K semakin tinggi untuk ketercukupan hara bagi tanaman cabai. Semoga membantu pak.

Reply
avatar
March 31, 2017 at 3:43 PM Delete

Klw sudah berbuah boleh tidak di beri pupuk phonska cair lagi pak?

Reply
avatar
March 31, 2017 at 5:19 PM Delete

Hallo pak Surya, iya boleh pak, saran saya berikan larutan phonska cair ketika tanaman cabe mulai berbunga dan berbuah. Semoga jawaban saya membantu anda ya pak --salam kenal :)

Reply
avatar
April 4, 2017 at 2:39 PM Delete

Asalamualikum pak... mau nanya itu pemberian pupuk jgn sampe kena batang ya pak. Kan saya pake mulsa jdi diameter lubang lumayan kecil dan kmungkinan bisa terkena batang... dan satu lagi ukuran pemberian pupuk berapa mili setiap umur tanaman sama saja atau berbeda... terimaksih

Reply
avatar
April 4, 2017 at 2:42 PM Delete

Pemberian pupuk cair clo terke+a batang apa efeknya pak. Cz tanaman saya bemulsa dan diameternya kcil..apa harus buat luabang lg di samp8ng tanaman... trus dosis takaran sama apa beda setiap umur tanamn mohon d jawab trimksih

Reply
avatar
April 4, 2017 at 4:02 PM Delete

Walaikumsalam.wr.wb, Hallo Pak Irfandi...
Pemberian larutan pupuk phonska cair sebaiknya diberikan pada tanaman cabe yang sudah mulai berbunga dan berbuah. Jadi tidak masalah pak jika terkena pada bagian batangnya. Terkecuali apabila bapak memberikan larutan phonska cair pada tanaman cabe yang masih berumur kisaran 31 - 40 hst, maka itu perlu berhati-hati pak, karena tanaman masih dalam masa adaptasi dengan lingkungan dan jenis nutrisi barunya. Semoga membantu, terimakasih kembali -- salam kenal dan sukses selalu untuk petani cabe di Indonesia !!!

Reply
avatar
April 4, 2017 at 4:09 PM Delete

hallo pak irfandi 74...
Walaikumsalam.wr.wb, Hallo Pak Irfandi...dosis takaran dan pengencerannya sama seperti yang di jelaskan di artikel di atas pak....dan untuk Pemberian larutan pupuk phonska cair sebaiknya diberikan pada tanaman cabe yang sudah mulai berbunga dan berbuah. Jadi tidak masalah pak jika terkena pada bagian batangnya. Terkecuali apabila bapak memberikan larutan phonska cair pada tanaman cabe yang masih berumur kisaran 31 - 40 hst, maka itu perlu berhati-hati pak, karena tanaman masih dalam masa adaptasi dengan lingkungan dan jenis nutrisi barunya. Sementara itu, dosis takaran dan pengencerannya sama seperti yang di jelaskan di artikel di atas pak....Semoga membantu, terimakasih kembali -- salam kenal dan sukses selalu untuk petani cabe di Indonesia !!!

Reply
avatar
April 5, 2017 at 8:28 PM Delete

Asalamuallaikum wr. Wb.
Saya mau tanya pak wahid.
Kalau pupuk phoska udah di larutkan menjadi satu ke dalam air, berapa lama bisa di simpan?, apakah bisa sampai berbulan2.
Soalnya sudah terlanjur larutkan ke dalam air

Reply
avatar
April 10, 2017 at 7:04 AM Delete

Walaikumsalam.wr.wb...
Hallo pak Dody angga kurniawan... salam kenal pak.
Berdasarkan pengalaman saya, larutannya bisa bertahan hingga 3 hari. Namun, saya belum pernah menyimpannya hingga berbulan-bulan. Namun, akan jauh lebih baik apabila membuat larutan phonska cair untuk diaplikasikan pada hari itu juga (aplikasi pada tanaman hari itu juga). Semoga membantu ya. Terimakasih.

Reply
avatar
April 19, 2017 at 2:29 PM Delete

Kala kita mau aduk 200 liter, (1drum besar)
Brapakah perbandingan pupuk sp, kcl n phonska nya pak?

Reply
avatar
April 19, 2017 at 2:31 PM Delete

Kalau kita mau campur 200 liter air ( 1 drum besar),
Brpakah perbandingan pupuknya pak?

Reply
avatar
April 20, 2017 at 7:50 PM Delete

Tanya mas. Apakah setiap bahan 1kg dilarutkan kedalam 8 ltr air. Atau ketiga bahan sebanyak 3kg di larutkan kedalam 8 ltr air

Reply
avatar
April 20, 2017 at 7:58 PM Delete

Tanya mas. Itu setiap bahan 1 kg di larutkan kdlm 8 ltr. Atau ketiga bahan sebanyak 3 kg di larutkan 8ltr

Reply
avatar
April 20, 2017 at 8:03 PM Delete

Tanya mas. Itu tiap2 bahan 1 kg dilarutkan kdlm 8 ltr. Atau ketiga bahan (3kg) di larutkan ke dlm 8 ltr air

Reply
avatar
April 23, 2017 at 9:36 PM Delete

Hallo mas Andi Sucahyono, salam kenal...

JAWAB: ketiga bahan (pupuknya) mas yang dilarutkan dalam 8 Liter air. Baru pas dikocor nantinya untuk 1 Liter larutan dikocor pake 20 Liter air baru disemprot pada akar tanaman cabe. Semoga membantu ya mas, selamat mencoba semoga berhasil. Terimakasih.

Reply
avatar
April 23, 2017 at 9:36 PM Delete

Hallo mas Andi Sucahyono, salam kenal...

JAWAB: ketiga bahan (pupuknya) mas yang dilarutkan dalam 8 Liter air. Baru pas dikocor nantinya untuk 1 Liter larutan dikocor pake 20 Liter air baru disemprot pada akar tanaman cabe. Semoga membantu ya mas, selamat mencoba semoga berhasil. Thanks.

Reply
avatar
April 23, 2017 at 9:40 PM Delete

Hallo pak Ichon Sihaloho, salam kenal...

JAWAB: ketiga bahan (pupuknya) mas yang dilarutkan dalam 8 Liter air. Baru pas dikocor nantinya untuk 1 Liter larutan dikocor pake 20 Liter air baru disemprot pada akar tanaman cabe. Berarti jika mau dikocor pake 200 Liter air, berarti dibutuhkan 10 Liter larutan phonska+KCl+SP. Kira-kira seperti itu pak. Semoga membantu ya mas, selamat mencoba semoga berhasil. Terimakasih.

Reply
avatar
April 23, 2017 at 9:41 PM Delete

Hallo pak Ichon Sihaloho, salam kenal...
JAWAB: Berarti jika mau dikocor pake 200 Liter air, berarti dibutuhkan 10 Liter larutan phonska+KCl+SP. Kira-kira seperti itu pak. Semoga membantu ya mas, selamat mencoba semoga berhasil. Terimakasih.

Reply
avatar