Menanam Palawija Jenis Kacang-Kacangan untuk Meningkatkan Unsur Hara Tanah


Tanaman palawija umumnya sering ditanam oleh petani di Indonesia. Di berbagai daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa dan Sumatera, tanaman palawija paling banyak ditanam. Misalnya di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, sering menjumpai penanaman kedelai, kacang panjang, jagung, dan lain sebagainya. Di Sumatera, penanaman jenis tanaman kacangan banyak dilakukan di Lampung Selatan, Lampung Tengah, Tanggamus, Lampung Barat. Tanaman palawija ini memang tergolong tanaman mudah tumbuh, perawatan cukup mudah, dan dari segi hasil panen bisa diperhitungkan.

Jenis tanaman kacang-kacangan (legume) mampu memfiksasi Nitrogen bebas dengan bantuan bakteri Rhizobium leguminosarum
Jenis tanaman kacang-kacangan (legume) mampu memfiksasi Nitrogen bebas dengan bantuan bakteri Rhizobium leguminosarum. (Wahid Priyono)

Menanam jenis tanaman palawija jenis kacang memang sangat disarankan untuk para petani. Ini karena tanaman kacang-kacangan (legume) mampu bersimbiosis dengan bakteri Rhizobiumleguminosarum. Bakteri ini adalah jenis bakteri baik yang mampu memfiksasi nitrogen bebas di udara. Akibatnya, proses/daur nitrogen di alam akan terus berkesinambungan dari waktu ke waktu. Bakteri Rhizobium mampu mengubah nitrogen bebas menjadi senyawa nitrat dan nitrit yang akan digunakan tanaman untuk metabolisme sel, pertumbuhan dan perkembangan.  Itulah mengapa pentingnya siklus nitrogen di alam, sebab tanaman tidak bisa langsung menyerap nitrogen bebas dari atmosfer, akan tetapi perlu terlebih dahulu dikonversi (dirubah) dari N2 bebas menjadi senyawa nitrat dan nitrit.

Beberapa jenis tanaman palawija dari jenis kacang-kacangan yang dapat ditanam dengan sistem rotasi yakni kedelai, kacang panjang, kacang polong, kacang kapri, kacang kecipir, kacang tanah, kacang tunggak, kacang merah, dan lain sebagainya. Jenis dari tanaman kacang-kacangan inilah yang biasanya bagus untuk menjaga struktur tanah agar tetap subur. Karena banyak sekali peran mikroorganisme tanah yang bekerja di lahan penanaman kacang. Silakan pelajari juga: Manfaat Menanam Palawija Bagi Kesuburan Tanah.

Artikel Terbaru

Menanam Palawija Jenis Kacang-Kacangan untuk Meningkatkan Unsur Hara Tanah
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar