Ciri-Ciri Terjadinya Peristiwa Etiolasi Pada Tanaman


Peristiwa etiolasi merupakan peristiwa dimana pertumbuhan tanaman terjadi secara singkat di tempat yang lebih gelap (tanpa cahaya). Percepatan pertumbuhan ini dapat terjadi karena akumulasi hormon auksin di tempat gelap lebih banyak bekerja dibandingkan di tempat yang lebih terang.

Dalam kondisi etiolasi, tanaman akan mengalami perkecambahan biji jauh lebih cepat dibanding di tempat terang (terkena cahaya). Etiolasi juga bisa didefinisikan sebagai percepatan pertumbuhan tanaman akibat daya dukung auksin meningkat. Efek baiknya, etiolasi lebih mengarah pada percepatan tumbuh. Tanaman yang mengalami peristiwa etiolasi memiliki ukuran batang yang tinggi-tinggi, akarnya lebih kecil, serta warna daun yang sedikit pucat sebab pigmen klorofil lebih rendah dibandingkan di tempat terang.

Tanaman akan tumbuh cepat pada tempat gelap
Tanaman akan tumbuh cepat pada tempat gelap. (Wahid Priyono).

Lain halnya jika benih dikecambahkan di tempat terang, maka secara pasti akan didapat tanaman dengan organ daun berwarna lebih hijau karena lebih banyak berinterasi dengan cahaya matahari. Fotosintesis tentu saja membutuhkan cahaya dan pigmen klorofil. Semakin sering tanaman berfotosintesis, maka pertumbuhannya akan lebih lama daripada yang diletakkan di tempat gelap.

Peristiwa etiolasi pada tanaman juga akan merangsang peningkatan jumlah fitohormon auksin di areal batang untuk tumbuh lebih cepat. Silakan anda baca juga: Cara Mempercepat Tumbuhnya Akar pada Cangkok Batang Tanaman.

Artikel Terbaru

Ciri-Ciri Terjadinya Peristiwa Etiolasi Pada Tanaman
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar