Pengertian, Klasifikasi dan Jenis-Jenis Irigasi Lahan

Definisi: irigasi yaitu aplikasi buatan air ke tanah untuk tujuan mengakses produksi tanaman. Hal ini disediakan tambahan untuk air yang tersedia dari curah hujan & air tanah.

Jenis irigasi - (klasifikasi)

1. Banjir
2. Permukaan
3. Sub permukaan
4. Taburi
5. irigasi tetes.

Permukaan irigasi:

Air yang diaplikasikan langsung ke tanah dari saluran yang berada di punggungan atas lapangan persiapan lahan yang tepat cukup kontrol air diperlukan untuk distribusi air yang seragam. Seluruh bidang dibagi menjadi strip yang dipisahkan oleh punggungan rendah strip ke bawah dalam bentuk lembaran yang dipandu oleh pegunungan rendah. Perbatasan harus memiliki kemiringan lembut yang seragam dalam arah pengairan. Setiap strip secara independen dengan memutar aliran air di punggung atas. Kesesuaian-cocok untuk tanaman tumbuh dekat beberapa tanaman baris & kebun buah di bawah kondisi tanah dan topografi yang menguntungkan. Tidak dianjurkan untuk tanah dengan tingkat infiltrasi yang sangat rendah atau sangat tinggi.
irigasi lahan
Tanaman Cabai Tumbuh Subur dengan Irigasi Lahan yang Tepat. (http://tipspetani.com/)

Keuntungan/Kelebihan:
  • Mudah membangun & beroperasi
  • Orang bisa irigasi lebih membandingkan cekungan.
  • Jika disain dengan benar menggunakan distribusi seragam & efisiensi penggunaan air yang tinggi.
  • Arus besar dapat digunakan secara efektif.
  • Jika bisa menyediakan drainase yang sangat baik (permukaan) jika memiliki fasilitas outlet yang tepat di ujung bawah.

Kekurangan/Kelemahan:
  • Diperlukan penyamarataan lahan yang tepat
  • Aliran irigasi besar yang dibutuhkan
Cek cekungan:

Hal ini digunakan dalam kondisi ekstrim tanah. Ini adalah metode yang terkenal yang umumnya digunakan untuk tanah berat dengan tingkat infiltrasi rendah atau tanah permeabel tinggi seperti pasir dalam. Digunakan untuk produksi biji-bijian dan folder.

Kekurangan:
  • Kebutuhan tenaga kerja untuk persiapan lahan tinggi.
  • Biaya operasi lebih banyak.
  • Pegunungan menyebabkan rintangan untuk diterapkan oleh operasi lapangan.
Metode Furrow:

Furrow lebih disukai digunakan untuk tanaman baris seperti jagung, tebu, kentang, kacang tanah & tanaman sayuran lainnya. Air yang diaplikasikan di dalam bulu kecil betureoil pada tanaman baris. Air disusupi ke dalam tanah & menyebar di dalam zona akar. Arus besar dan kecil dapat digunakan secara efektif untuk irigasi. Ini juga asam untuk pembuangan yang aman dari air berlebih, yaitu memfasilitasi drainase. Hanya 1/5 sampai ½ permukaan tanah yang bersentuhan dengan air (basah). Di sana dengan mengurangi kerugian penguapan. Metode ini khusus terletak pada tanaman seperti jagung yang sensitif terhadap air yang bersentuhan dengan kekuatannya. Biaya persiapan lahan berkurang & tidak ada pemborosan lahan di bawah saluran lapangan. Di tanah liat atau lempung tanah liat tanah liat yang dalam dibuat bersama dengan punggungan pemandu untuk mengurus perilaku perengkahan tanah alur tersebut disebut alur bergelombang.

Irigasi bawah permukaan:

Air diaplikasikan di bawah permukaan tanah dengan mempertahankan tabel air buatan pada kedalaman tertentu tergantung pada sifat tanah dan zona akar tanaman. Air bergerak melalui kapiler di dalam tanah untuk memenuhi kebutuhan tanaman dalam parit & piper bawah tanah adalah dua cara untuk irigasi sub-permukaan.

Kemampuan beradaptasi: Tanah memiliki W.H.C. rendah. tanah memiliki laju infiltrasi yang sangat tinggi. Metode permukaan tanah tidak memungkinkan dimana metode penyiraman irigasi terbukti mahal.

Keuntungan:

1) Kekurangan menguapkan adalah minimum.

Kerugian:

1) Air asin tidak bisa digunakan.

Untuk referensi lainnya, silakan anda baca juga artikel berikut ini: Cara Merawat Tanaman Buah Naga.

Artikel Terbaru

Pengertian, Klasifikasi dan Jenis-Jenis Irigasi Lahan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar