Cara Melakukan Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman JAGUNG

Budidaya jagung menjadi salah satu favorit masyarakat petani di Indonesia. Dengan perawatan tanaman yang baik dan benar, maka akan dihasilkan buah yang lebat, serta produktivitasnya menjadi lebih tinggi.

Produktivitas tanaman jagung yang tinggi juga tidak terlepas dari faktor perawatan tanaman secara terencana. Salah satu perawatan tanaman jagung yaitu pendangiran dan penyiangan.

1. Pendangiran (Penggemburan Lahan Tanam)

Pendangiran pada tanaman jagung dilakukan dengan cara menggemburkan lahan tanamnya menggunakan cangkul kecil, atau alat khusus untuk pendangiran.

Dari hasil pengalaman di lapangan, ditemukan bahwa peningkatan produktivitas tanaman jagung akan meningkat 2 kali lipat jika dilakukan pendangiran secara tepat.

Tanaman Jagung Berbuah Lebat
Tanaman Jagung Berbuah Lebat, Photo Kontributor Oleh: Komunitas Petani Palawija.

Pendangiran tanaman jagung dilakukan saat tanaman berumur 1 bulan pertama, 2 bulan kedua, bahkan sampai 3 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, maka sangat baik untuk mempersiapkan tanaman lebih tumbuh dan berkembang secara sempurna, termasuk mempersiapkan tanaman untuk mulai memunculkan bunga dan buah dalam jumlah melimpah.

Jadi pastikan bahwa dalam budidaya jagung untuk senantiasa melakukan pendangiran.

2. Penyiangan (Pengoretan Lahan Tanam)

Tak kalah pentingnya dengan pendangiran, penyiangan juga harus menjadiprioritas petani jagung untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Penyiangan bisa dilakukan berbarengan selama dilakukan pendangiran sambil menggemburkan lahan. Penyiangan dilakukan dengan mengoret lahan tanam/bedengan menggunakan cangkul kecil, pencong, atau alat penyiangan khusus.

Jika lahan telah gembur dan terbebas dari gulma atau rumput liar setelah melakukan penyiangan, maka selain lahan tanamnya menjadi bersih, juga memungkinkan merasangsang tanaman untuk tumbuh dengan benar, serta mampu menghasilkan bunga dan buah jagung dalam jumlah melimpah.

Kebanyakan di daerah pertanian tertentu masih terlihat banyaknya gulma/rumput liar yang tumbuh di lajur/larikan bedengan tempat penanaman jagung. Namun, sebaiknya lakukanlah penyiangan sebagai langkah antisipasi sejak dini dari kemungkinan tumbuhnya gulma dalam jumlah banyak.

Kedua perawatan tanaman di atas begitu penting bagi anda yang sedang atau akan merencanakan untuk membudidaya jagung pada saat ini. Semoga artikel di atas berguna untuk anda. Silakan baca juga artikel berikut ini: Cara Mengurus Pohon Mentimun, Buahnya Lebat Sekali.

Artikel Terbaru

Cara Melakukan Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman JAGUNG
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar