Jarak Tanam Cabe, Jagung, dan Kacang Tanah yang Harus Diperhatikan Oleh Petani di Indonesia

Jarak tanam cabe, jagung, dan kacang tanah yang baik dan benar sering dijadikan indikator sukses tidaknya dalam budidaya tanaman tersebut. Para petani cabe, kacang dan jagung di Indonesia sangat percaya bahwa jarak tanam menentukan tingkat produktivitas hasil panen. Dan oleh sebab itulah, kunci dari sukses budidaya tanaman budidaya salah satunya adalah jarak tanam.

Jarak Tanam Cabai yang Ideal adalah 50 cm x 50 cm (12.000 tanaman/ha)
Jarak Tanam Cabai yang Ideal adalah 50 cm x 50 cm (12.000 tanaman/ha), Photo Kontributor Oleh: KPCI Indonesia.


Setiap petani cabe, jagung maupun kacang tanah pasti mempunyai pengalaman tanam yang berbeda-beda. Terkadang, antar satu petani dengan petani lainnya mempunyai perbedaan dari jarak tanam cabe yang mereka terapkan di lapangan. Perbedaan ini sebagai bukti bahwa dari hasil ekperimen petani pasti memiliki indikator berbeda untuk memilih mana jarak tanam yang cocok dan bagus dalam menanam cabe.

Hasil penelitian tentang jarak tanam cabe yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah oleh Efendi dkk (dalam balittas.litbang.pertanian.go.id) menyebutkan bahwa adapun jarak tanam jagung 75 cm x 20 cm (20.000 tanaman/ha), jarak tanam cabai yang ideal adalah 50 cm x 50 cm (12.000 tanaman/ha), dan kacang tanah 40 cm x 20 cm (50.000 tanaman/ha).

Dalam usaha polikultur, jarak tanam yang dianjurkan untuk jagung adalah 2 m x 2 m. Jarak tanam ini masih dapat disisipi dengan tanaman semusim sebagai tanaman sela. Namun dengan jarak tanam yang demikian hanya akan baik untuk tanaman pokok maupun untuk tanaman selanya sampai tahun ke-2, selanjutnya akan terjadi persaingan yang dapat menggagalkan panen baik pada tanaman pokok maupun pada tanaman selanya, sehingga perlu dirancang secara cermat.

Sumber Referensi:

Efendi, Dedi Soleh, Taher dan Rumini. Pengaruh Tumpang Sari dan Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanam Jarak Pagar (Jatropha curcas L.). Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Bogor. [JURNAL]. Diakses pada situs balittas.litbang.pertanian.go.id/images/pdf/jp3232.pdf, 
pada hari Minggu, 20 Agustus 2017, pkl. 09.30 WIB,

Artikel Terbaru

Jarak Tanam Cabe, Jagung, dan Kacang Tanah yang Harus Diperhatikan Oleh Petani di Indonesia
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar