Bagaimana Cara Mengatasi Bunga Cabe Rontok yang Diikuti Kerontokan Daun ? 4 Langkah Ini akan Membantu Anda Menemukan Jawabannya.

Fisiologi tanaman cabe dapat dipelajari lebih jauh, terutama mempelajari gejala yang sering muncul pada tanaman cabe, mulai dari kenampakan morfologi tanaman yang sehat sampai yang mempunyai masalah serius.

Dilihat dari aspek morfologi tanaman, kekahatan (kekurangan/defisiensi) unsur hara pada tanaman cabe ternyata menjadi penyebab yang lazim terjadi pada tanaman cabe sehingga tanaman mengalami beberapa gejala misalnya kerontokan pada bunga, bahkan pada organ daunnya.

Tanaman Cabe Berbuah Lebat Karena Terbebas dari Kerontokan Bunga dan Daun
Tanaman Cabe Berbuah Lebat Karena Terbebas dari Kerontokan Bunga dan Daun. Photo Original by: Komunitas Petani Cabe Indonesia (KPCI/FB).

Tingkat kerontokan pada daun dan bunga cabe bervariasi antara tanaman satu dengan lainnya, karena keberadaan nutrisi (unsur hara) yang tersedia bagi masing-masing tanaman berbeda, dan hal ini memang suatu keniscayaan bagi setiap tanaman.

Jika di kebun cabe anda ditemukan adanya tanaman cabe yang mengalami kerontokan pada bagian organ bunga dan daunnya, maka anda dapat menempuh kiat (langkah-langkah/step) berikut ini:

  • Kerontokan pada tanaman cabe bisa jadi disebabkan karena faktor tanaman mengalami nekrosis dan klorosis pada daun. Adapun ciri tanaman cabe yang mengalami nekrosis dan klorosis secara umum tanaman cabe mempunya daun yang kusam, berwarna kuning dan terkadang berlubang-lubang, dan disusul dengan kerontokan pada organ daun dan bunganya; Solusinya untuk mencegah tanaman cabe dari gejala klorosis dan nekrosis adalah dengan menggunakan pupuk kandang dari kotoran ayam yang telah dikeringkan, atau menggunakan pupuk anorganik berbahan Zn dan Kalium yang cukup tinggi;
  • Daun cabe dan bunga cabe rontok bisa diakibatkan karena tanaman terserang hama dan penyakit secara serius. Misalnya, hama penggerek batang dan ulat grayak yang menyerang organ daun bisa menyebabkan daun berlubang (bopeng), dan disusul dengan kerontokan. Penyakit antraknosa pada tanaman cabe juga bisa berakibat pada daerah di pinggir daun menjadi lebih rusak, dan pada akhirnya daun menggulung dan diakhiri dengan absisi (kerontokan) pada organ daunnya; Solusinya: Gunakan pupuk hayati/kompos pada saat menjelang tanaman berbunga dan berdaun lebat. Penggunaan pestisida sesuai anjuran dan dosis yang tepat pada tiap-tiap varietas tanaman cabe juga sangat dianjurkan untuk memperoleh hasil lebih optimal;
  • Curah hujan yang tinggi dengan mematikan pada bagian jaringan xilem akar bisa berdampak buruk bagi organ tanaman cabe secara keseluruhan, hal ini sangat berdampak pada organ batang muda, daun, bunga, bahkan hingga buah. Solusi: atur kadar air di dalam tanah. Usahakan ketercukupan air di lahan bedengan tercukupi dengan baik, jangan sampai ada lahan tanaman cabe yang tergenangi air dalam jumlah berlebih;
  • Tanah yang terlalu asam dengan tingkat keasaman tanah (pH) tanah di bawah 5, biasanya akan membuat organ daun tidak stabil dalam proses fisiologisnya, hal ini juga akan berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe secara menyeluruh. Solusi: Pada saat awal tanam cabe, usahakan lahan tanam memiliki pH netral. Jika kondisi tanah asam, maka bisa menambahkan kapur dolomit atau sejenisnya untuk membantu mentralkan tanah yang asam. Kapur dolomit banyak dijual di sentra kios pertanian di pasaran. Bahkan, di Dinas Pertanian biasanya mereka menyediakan;
Itulah tadi penjelasan singkat mengenai keempat cara mengatasi/encegah agar bunga dan daun cabe tidak mudah rontok, semoga berguna untuk anda. Untuk menambah ilmu pengetahuan baru bagi anda, jangan lupa baca dan klik artikel berikut ini: 15 Point Penyebab Daun, Bunga, dan Buah Cabe Sering Rontok Parah.

Artikel Terbaru

Bagaimana Cara Mengatasi Bunga Cabe Rontok yang Diikuti Kerontokan Daun ? 4 Langkah Ini akan Membantu Anda Menemukan Jawabannya.
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar