Cara Memetik Buah Cabe Sesuai Anjuran Yang Benar

Saat kegiatan panen cabe berlangsung, maka kegiatan pemetikan buah pasti tidak telewatkan. Namun, tidak sembarang memetik cabe, karena jika salah, maka akan berefek pada kerusakan berbagai organ tanaman baik secara umum atau pada organ khusus saja.

Efek buruk dari pemetikan cabe yang buruk/tidak benar sesuai yang dianjurkan oleh petani profesional adalah:
  • Akan merusak bunga-bunga yang sedang tumbuh di sekitar ketiak batang tanaman cabe;
  • Akan menghambat pertumbuhan cabe secara keseluruhan;
  • Menurunkan kualitas buah untuk panen berikutnya;
  • Merusak tunas-tunas baru yang merupakan cikal bakal pertumbuhan bunga;
  • Mematikan organ buah yang sedang mengalami pertumbuhan primer.
Oleh karena itu, dalam proses pemetikan buah cabai harus dilakukan secara benar dan terarah supaya meminimalisir angka kesalahan yang barangkali pernah anda lakukan.

Buah Cabe Lado Telah Berbuah Lebat Siap Dipetik
Buah Cabe Lado Telah Berbuah Lebat Siap Dipetik, Foto Asli Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Berikut ini langkah-langkah dalam memetika cabe yang baik dan benar seperti yang dianjurkan oleh para petani profesional, diantaranya adalah:
  • Pemetikan buah cabe sebaiknya dilakukan pada waktu siang hari menjelang sore, atau sore menjelang waktu petang (senja);
  • Pemetikan buah cabe bukan dicabut/ditarik ke arah atas, tapi yang benar adalah dipluntir searah jarum jam. Karena jika pemanenan dilakukan dengan ditarik ke arah atas, maka biasanya bunganya akan banyak yang berguguran sebelum terjadi fertilisasi (penyebukan bunga) yang dilakukan oleh serangga seperti kumbang, dan hewan sejenisnya. Selain itu, pencabutan buah cabe yang berulang dapat menurunkan kualitas buah pada panen-panen berikutnya, dan biasanya juga bunga cabe akan banyak yang rusak;
  • Pemetikan buah cabe sebaiknya diprioritaskan pada buah yang sudah tua/telah matang dipohonnya, sesuaikan dengan kebutuhan, lakukan saja sortasi (pemilihan buah) sesuai yang anda kehendaki, sisakan beberapa buah yang masih muda.
  • Pada beberapa tanaman cabe yang memang sangat berbuah lebat, sehingga bunganya berhimpit dengan buah lainnya yang telah masak/matang, maka pemetikan dapat dilakukan dengan cara dipluntir perlahan menggunakan tangan kanan, sementara itu dengan tangan kirinya menahan beberapa ruas batang agar batang tanaman cabe tetap baik/tidak rusak.
    Cabe Lado Telah Dipetik
    Cabe Lado Telah Dipetik, Foto Oleh: Wahid Priyono
Demikianlah informasi seputar tentang: Cara Memetik Buah Cabe Sesuai Anjuran Yang Benar", semoga bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan kita bersama. Salam budidaya pertanian. Ayo menanam dan berkebun. Jangan lupa baca juga artikel berikut ini: Budidaya Cabai Merah Lado F1 agar Berbuah Lebat dan Menguntungkan Bagi Petani

Artikel Terbaru

Cara Memetik Buah Cabe Sesuai Anjuran Yang Benar
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

April 17, 2018 at 4:11 PM Delete

assalamualaikum, saya habibi, mau tanya, kl bunga cabe rawid banyak yg berjatuhan biasa kenapa pak, dan bagaimana cara mengatasi supaya muncul bunga dan ber buah lebat, mohon solusinya. maaf salam kenal bapk wahid

Reply
avatar
April 20, 2018 at 2:52 AM Delete

Walaikumsalam.wr.wb. Salam kenal pak habibi. Tanaman cabe uyang mengalami kerontokan pada bunga serta organ daun dan buah bisa disebabkan karena tanaman mengalami defisiensi unsur Nitrogen dan Magensium (Mg). Silakan bapak bisa baca dan pelajari artikel saya berikut ini, semoga membantu:
(1) Sebab bunga cabe rontok

(2) bagaimana cara mengatasi bunga cabe rontok

(3) Silakan Gunakan Larutan Phonska Cai Pak.

Reply
avatar