Foto-Foto MANTANG (Ubi Jalar) Super Besar Yang Menguntungkan

Buah mantang atau yang biasa disapa dengan sebutan ubi jalar ini merupakan tanaman yang mampu dibudidaya pada berbagai jenis lahan, baik di lahan terbuka maupun di lahan sempit. Pembudidayaan mantang ini sangat mudah dilakukan, siapapun dapat mencoba untuk menanamnya di lahan yang mereka miliki.

Nama ilmiah biologi dari tanaman mantang ini yakni Ipomoea batatas L. Dengan ciri tanaman yang unik, ubi jalar justru sangat baik dibudidaya di lahan daratan dengan jenis tanah liat berpasir, atau baik juga ditanam pada lahan terbuka di tanah liat berlempung. Jika ditanam pada kedua jenis tanah tersebut, hasil panen mantang sudah terbukti menghasilkan umbi yang besar-besar dan umbinya sangat lebat ketika masih pada pohon induknya.

Sudah sangat terkenal apabila pohon mantang ternyata memiliki banyak kegunan, seperti pada organ daunnya bermanfaat dalam penyembuhan penyakit demam, untk kepentingan kuliner masakan, dan lain sebagainya. Dalam dunia kuliner sendiri, umbi mantang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan makanan sebagai contoh keripik mantang, sale mantang, getuk mantang, pembuatan roti, dodol, dan lainnya.

Melihat potensi yang sangat banyak tersebut, seharusnya pembudidayaan tanaman mantang harus segera digalakkan supaya kegiatan pertanian semakin digemari oleh semua kalangan, tidak hanya terbatas pada para petani yang tinggal di pedesaan, akan tetapi petani yang tinggal di perkotaanpun dapat menerapkan cara ini.

Sebagai bahan referensi, berikut ini beberapa jenis mantang merah yang berhasil dibudidaya di salah satu kebun milik saya pribadi. Dari hasil pengalaman ternyata mantang sangat baik dibudidaya pada lahan dengan jenis tanah liat berpasir/tanah liat berlempung (hasil panen jauh lebih meningkat,umbi buahnya besar-besar dan lebih menguntungkan).

Gambar Mantang 1:


Buah Mantang Merah Ukuran Jumbo Besar
Buah Mantang Merah Ukuran Jumbo Besar, Foto Original By: Wahid Priyono (Guruilmuan)


Gambar Mantang 2:


Pohon Mantang Merah
Pohon Mantang Merah, Foto Orisinil By: Wahid Priyono (Guruilmuan)


Gambar Mantang 3:


Buah mantang super besar
Buah mantang super besar, foto original by: wahid priyono


Gambar Mantang 4:


Lahan Penanaman Mantang Atau Ubi Jalar
Lahan Penanaman Mantang Atau Ubi Jalar, Foto Original By: Guruilmuan


Informasi di atas semoga dapat bermanfaat untuk rekan-rekan petani semuanya. Salam budidaya pertanian, ayo menanam. Ayo berkebun.

Artikel Terbaru

Foto-Foto MANTANG (Ubi Jalar) Super Besar Yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar