[VIDEO] Tanaman Padi IPB 3S Saya Terserang Hama Wereng Hijau

Pasca lebaran 1438 H, saya kembali berkunjung ke sawah untuk melihat-lihat tanaman padi IPB 3S yang sudah saya tanam selama kurang lebih 1,2 bulan. Memang tanaman padi IPB saya juga sama seperti kacang panjang saya sejak bulan Ramadhan tidak mendapat perawatan yang cukup intensif dan alhasil hama jenis wereng hijau dan walang sangit cukup lumayan banyak menyerang tanaman padi saya tersebut.

Saya sudah beberapa kali sebelumnya melakukan penanggulangan hama wereng tersebut menggunakan larutan autan/soffel dan disemprotkan pada tanaman padi dan memang terbukti ampuh. Saya sudah berkali-kali menggunakan autan sebagai pestisida untuk membunuh hama dan memang cukup berhasil, tapi tidak membunuh hama secara keseluruhan. Paling-paling hama mati 70% saja, sisanya masih ada.

Kali ini saya melakukan penyemprotan tanaman padi IPB 3S saya dengan menggunakan pestisida jenis untuk mengusir hama yang tersisa tersebut, dan memang berdasarkan pengalaman saya sebelumnya cukup ampuh menggunakan jenis pestisida tersebut dalam menanggulangi perkembangan hama di sekitar lokasi tanam padi.

Saya akan melihat ke depannya, apakah hasil perlakuan saya ini berhasil, atau justru sebaliknya hama wereng berdatangan lagi. Berikut ini video wereng hijau yang menyerang tanaman padi IPB 3S yang saya budidaya, dan memang tetap saja tanaman padi saya daunnya berwarna hijau bersih, karena sebagian hama wereng sudah mati karena saya semprotkan larutan autan/soffel.


Artikel Terpopuler

[VIDEO] Tanaman Padi IPB 3S Saya Terserang Hama Wereng Hijau
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar