Pupuk Cabe Merah yang Bagus dan Berkualitas Tinggi (High Quality) Sering Dipakai Petani

Pupuk cabe merah yang bagus dan berkualitas tinggi memang menjadi pilihan terbaik yang diharapkan setiap para petani. Pupuk yang bagus tentu saja akan mampu mempercapat tanaman untuk tumbuh dan berkembang, serta mampu memproduksi buah cabe merah dalam jumlah yang melimpah.

Banyak sekali jenis pupuk yang dipakai petani cabe untuk merawat tanamannya agar tetap sehat, subur serta tumbuh dan berkembang dengan baik, dan kali ini akan dijelaskan pupuk cabe merah yang bagus dan berkualitas tinggi (high quality) sering dipakai petani.

1. Pupuk Kandang (Pupuk Organik)

Pupuk kandang (pupuk organik) adalah jenis pupuk yang bisa dicampurkan langsung dengan tanah pada saat pengolahan tanah bedengan. Pupuk kandang yang bagus untuk tanaman cabe merah yaitu pupuk kotoran ayam, kambing, sapi, kerbau, pupuk itik, dan jenis pupuk lainnya. Namun, banyak para petani cabe lebih sering dan menyukai pakai pupuk kandang dari kotoran ayam karena dilihat dari kandungan unsur Mg, N, Ca, K, cukup tinggi dan mampu meningkatkan laju pertumbuhan tanaman cabe merah secara signifikan.

Tanaman Cabe Merah Dalam Proses Perkembangannya
Tanaman Cabe Merah Dalam Proses Perkembangannya. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Pupuk kandang diberikan untuk tanaman cabe umur di atas 1 bulan ke atas dengan pemberian sekitar 3 kali sampai nanti panen (setiap 2 minggu sekali dimulai sejak satu bulan pertama sejak tanam awal), pada saat perawatan tanaman lainnya seperti pendangiran, penyiangan, penyiraman, dan lainnya.

2. Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK mutiara yaitu jenis pupuk yang disukai petani dan paling disukai petani. Pupuk NPK mutiara ini sangat penting dipakai untuk membudidaya cabai, sebab banyak sekali manfaat yang diperoleh seperti tanaman subur, dan bahkan bisa berbuah lebat. Kebanyakan para petani menggunakan pupuk NPK mutiara ini dalam bentuk padat yang langsung disebar di sekitar pusat tanaman tumbuh, atau bisa dengan cara mengocor pupuk NPK mutiara.

Pupuk NPK mutiara bagus untuk semua varietas cabe termasuk cabe rawit, cabe merah dan lain sebagainya. Dan pemberian pupuk NPK mutiara ini bisa di umur cabe 1 minggu atau setelah umur cabe 1 bulan.

3. Pupuk NPK Phonska

Biasanya para petani cabe memberikan larutan pupuk phonska cair untuk tanaman cabenya supaya tumbuh dan berkembang dengan baik, berbuah lebat, serta pupuk NPK phonska ini sebaiknya diberikan pada saat tanaman cabai menginjak waktu pembungaan tanaman. Cara pembuatannya bisa ikuti tutorial/cara berikut ini: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabai.

Artikel Terbaru

Pupuk Cabe Merah yang Bagus dan Berkualitas Tinggi (High Quality) Sering Dipakai Petani
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar