Masa Panen Cabe Merah (Frekuensi Panennya)

Pengetahuan seorang petani tentang masa panen cabe merah ditinjau dari frekuensi panennya memang sangat penting. Hal ini tentu saja memberi wawasan terbaru bagi para petani secara teori, akan tetapi dalam prakteknya tidak selalu tepat. Ini pastinya dipengaruhi oleh keadaan geografi suatu wilayah, curah hujan, tingkat keasaman tanahnya (pH tanah), kelembaban udara, jenis tanah, dan faktor perawatan tanaman cabe juga berperan dalam menentukan masa panen cabe merah atau cabe sejenisnya secara lama.

Cabe Merah Besar Berbuah Lebat
Cabe Merah Besar Berbuah Lebat. Photo Original Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Namun, secara umum, tanaman cabe merah memiliki masa panen mencapai 30 sampai dengan 40 kali dalam masa hidupnya, dengan produksi buah tiap tanaman bisa lebih dari 3 kg. Secara fisiologisnya, sejak tanaman cabe merah ini mulai tanam sampai dengan panen kira-kira bisa mencapai umur 3 - 4,5 bulan. Pada umur ini memang tanaman cabe sedang bagus-bagusnya memproduksi buah cabe dalam jumlah melimpah, dan lagi-lagi banyak sedikitnya hasil panen cabe juga ditentukan oleh cara perawatan tanaman cabe yang dilakukan petani.

Faktor pemupukan tanaman cabe juga menjadi alat tempur untuk hasil panen lebih bagus, sebaiknya saat tanaman cabai mulai berbunga sebaiknya berikan larutan pupuk phonska cair. Larutan pupuk phonska cair ini bisa memperlama umur tanaman cabe.

Namun, sebagai petani anda hanya bisa berusaha dan selebihnya ketentuan Allah yang akan berlaku. Selamat belajar bertani, semoga sukses selalu. Pelajari juga: Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Cabe (Faktor Eksternal dan Internal).

Artikel Terbaru

Masa Panen Cabe Merah (Frekuensi Panennya)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar