Perbedaan Fungsi Plastik Mulsa Hitam, Perak dengan Mulsa Bening

Mulsa plastik seringkali dimanfaatkan oleh para petani untuk menjaga kelembaban tanah/lahan bedengan yang ditanami aneka macam jenis tanaman sayur maupun buah. Pertanian saat ini seringkali menggunakan mulsa karena dianggap telah mampu menaikan produktivitas hasil panen sebanyak 30-40 % dari pertanian yang tidak menggunakan mulsa plastik.

Di pasaran, harga mulsa plastik sangat terjangkau, namun untuk membelinya anda juga harus menyesuaikan dengan luas lahan, serta jumlah baris bedengan yang tersedia. 

Sebelum membeli mulsa, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa perbedaan fungsi mulsa hitam dengan mulsa bening yang sering dipakai petani.

Pemberian Mulsa Pada Lahan Bedengan, Photo by: www.tipspetani.com

Mulsa plastik hitam dan mulsa berwarna perak umumnya yang sering dipakai oleh petani, karena tidak menyerap cahaya, sehingga kelembaban tanahnya akan tetap terjaga dengan baik. Namun efek buruk dari mulsa plastik hitam adalah cahaya mudah dipantulkan ke arah atas tanaman, sehingga dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global (global warming). Cahaya yang dipantulkan oleh mulsa hitam juga memiliki dampak positif yaitu mampu membunuh penyakit serta membuat hama pertanian tidak betah tinggal di sekitar area tanam, dan hal ini sangat positif untuk meminimalisir terjadinya kegagalan panen sekaligus kerusakan organ tanaman akibat serangan hama dan penyakit (pest and disease).

Di sisi lainnya, mulsa bening justru membuat cahaya tembus ke dalam lahan bedengan, sehingga kelembaban tanahnya kurang terjaga secara baik dan benar. Akibatnya, tanah menjadi sedikit gersang, dan keteraturan jumlah kandungan air di dalam tanah semakin sedikit akibat terabsorbsi oleh cahaya matahari atau cahaya sejenisnya.

Itulah tadi perbedaan tentang mulsa plastik hitam dengan mulsa plastik berwarna bening, semoga menambah wawasan anda, silakan baca juga: Manfaat Memberi Tiang Ajir dan Mulsa Pada Tanaman Cabe agar Berbuah Lebat.

Artikel Terbaru

Perbedaan Fungsi Plastik Mulsa Hitam, Perak dengan Mulsa Bening
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar