Pupuk yang Paling Cocok Untuk Jeruk Nipis Agar Berbuah Lebat

Dalam budidaya jeruk nipis, ternyata pemupukan merupakan faktor penentu banyaknya hasil panen jeruk nipis yang akan diperoleh.

Selama masa hidupnya, tanaman/pohon jeruk nipis harus mendapat pemupukan yang intensif, mulai dari penanaman awal, umur 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan sampai umur 12 bulan, serta pemupukan tiap 6 bulan sekali pada waktu-waktu berikutnya setelah tanaman berumur di atas 1 tahun.

Adapun jenis-jenis pupuk yang paling cocok untuk pohon jeruk nipis agar berbuah lebat diantaranya adalah: pupuk kandang dari kotoran ayam yang dikeringkan terlebih dahulu, NPK Phonska, pupuk KCL, pupuk Urea, dan Pupuk SP-36. Dari kelima jenis pupuk tersebut banyak mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman jeruk nipis, yaitu unsur Nitrogen (N), Phosfor (P), dan Kalium (K).

Pohon Jeruk Nipis Berbuah di Kebun
Pohon Jeruk Nipis Berbuah di Kebun. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Untuk umur tanam 0 - 1 bulan, maka sebaiknya pupuk yang diberikan pada tanaman jeruk nipis hasil cangkok yaitu pupuk kandang dari kotoran ayam kering, berikan setidaknya 1 kg pupuk kotoran tahi ayam kering/tanaman yang dimasukan dalam lubang penanaman lalu tutup dengan tanah disekitaran.

Di umur 1 - 2 bulan berikan sebanyak 1 kg pupuk KCL/tanaman (lakukan dua kali pemupukan), umur 2 - 3 bulan jeruk nipis dipupuk dengan SP-36, sebanyak 1 kg (lakukan dua kali pemupukan juga), dan pada umur tanaman jeruk 3 - 7 bulan berikan pupuk Urea sebanyak 1 kg (lakukan sebanyak 3 kali pemupukan), dan di umur tanaman jeruk di atas 7 bulan berikan saja pupuk phonska padat sebanyak 1 kg, berikan setiap 2 bulan sekali. Masing-masing pupuk KCL, SP-36, Urea, dan Phonska saat pemberian pupuknya dengan terlebih dahulu membuat larikan kecil mengelilingi tanaman, lalu pupuk tersebut diletakan pada larikan dan tutup larikan dengan tanah di sekitarnya.

Selain pemupukan, imbangi juga pemupukan dengan penyiraman. Pastikan bahwa tanaman jeruk nipis dalam perawatan yang benar. Semoga informasi tentang perawatan jeruk nipis tahap pemupukan sederhana di atas berguna untuk anda. Silakan baca juga artikel terkait, klik: Rahasia Pupuk Agar Jeruk Nipis Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terbaru

Pupuk yang Paling Cocok Untuk Jeruk Nipis Agar Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar