Pupuk Penyubur Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat

Mempunyai kebun cabe yang subur, sehat, dan berbuah lebat tentu saja sangat diharapkan oleh semua petani cabe di Indonesia. Hal ini memang menjadi mutlak adanya, karena setiap petani memiliki target tinggi agar secara finansial harga cabe tinggi dan mampu memberikan keuntungan bagi mereka.

Kebanyakan petani lebih favorit membudidaya cabe dibandingkan jenis tanaman lainnya, karena memang harga cabe di pasaran cukup stabil dan terkadang naik pada waktu-waktu tertentu. Hal ini menjadi nilai tambah bagi para petani untuk meningkatkan hajat hidupnya sehari-hari. Silakan baca juga: 5 Teknik Perawatan Cabe Panen 60 Kali Lipat.

Pupuk Penyubur tanaman Cabe
Pemupukan Cabe secara Tepat Menghasilkan Buah yang Banyak. Photo Kontributor by: Ichin Sembalun, KPCI.

Berbicara tentang hasil panen memuaskan tentu saja sangat dipengaruhi oleh bagaimana tentang faktor pemeliharaan/perawatan tanaman cabe secara intensif, salah satunya adalah pemupukan.

Pemupukan merupakan kegiatan menambahkan unsur hara pada tanah melalui tambahan pupuk organik atau anorganik, baik itu berupa pupuk cair maupun padat.

Sangat direkomendasikan sekali bahwa, pupuk penyubur tanaman cabe agar berbuah lebat yakni pupuk kandang dari kotoran ternak, terutama pupuk dari kotoran tahi ayam yang telah dikeringkan. Selain pupuk kandang, jangan lupa pakai pupuk larutan phonska cair, NPK, SP-36. Karena pupuk yang telah disebutkan tersebut tersebut banyak mengandung komposisi unsur Nitrogen (N), P (Phosfor), dan K (Kalium) dimana unsur N, P, dan K ini bergitu penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sebagai kofaktor dalam pembentukan enzim, hormon/fitohormon, dan untuk metabolisme sel tumbuhan.

Dan ingat bahwa dalam pemberian masing-masing pupuk harus sesuai dosis per umur tanaman. Untuk tanaman yang baru dipindahkan ke lahan terbuka (masih bibit), maka gunakan saja terlebih dahulu pupuk kandang, namun jika tanaman cabe sudah mapan artinya sudah mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan barunya, maka tinggal diberi pupuk anorganik yang telah disebutkan di atas.

Sebagai panduan untuk anda, silakan baca: Jadwal Pemupukan Pada Tanaman Cabe yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Pupuk Penyubur Tanaman Cabe Agar Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

6 komentar

March 2, 2017 at 10:39 PM Delete

Phoska kita ganti dgn npk boleh.
Untuk pembuatan phoska cair

Reply
avatar
March 14, 2017 at 11:17 AM Delete

Halo pak Ulil Azmi, salam kenal pak. Silakan dicoba pak pake NPK, semoga berhasil. Nanti bisa dikabar-kabarin ke saya lagi pak gimana hasilnya. Bisa komen disini ya pak. terimakasih pak.

Reply
avatar
September 21, 2017 at 5:41 AM Delete

larutan ponskha cair untuk cabe besar apakah hasilnya memuaskan ??

Reply
avatar
September 21, 2017 at 5:43 AM Delete

kalo utk cabe besar larutan ponska cair bagus gak hasilnya pak ?? saya lagi belajar budidaya cabe besar

Reply
avatar
September 23, 2017 at 9:56 AM Delete

Insya Allah bagus pak Azam. Silakan dicoba pak untuk beberapa tanaman terlebih dahulu. Kalo cocok baru bisa digunakan untuk skala yang besar.

Reply
avatar
September 23, 2017 at 9:57 AM Delete

Insya Allah raltif bagus pak Azam. Silakan dicoba dulu pak larutan phonskanya tuk tanaman cabe untuk beberapa tanaman terlebih dahulu. Kalo cocok baru bisa digunakan untuk skala yang besar. Semoga bermanfaat informasi di atas.

Reply
avatar