Cara Pemupukan TOMAT dengan Pupuk NPK Mutiara

Pemupukan merupakan salah satu dari proses perawatan tanaman. Termasuk tanaman tomat yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, maka sangat membutuhkan sekali pupuk untuk membantu dalam proses hidupnya.

Pupuk yang bagus untuk tanaman tomat yaitu pupuk NPK mutiara maupun pupuk phonska. Namun, kebanyakan para petani tomat, baik itu tomat besar, tomat cery, maupun tomat rampai, dll, maka mereka sering menggunakan NPK mutiara untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Tanaman Tomat Rampai yang Pernah Saya Pupuk Pakai NPK mutiara
Tanaman Tomat Rampai yang Pernah Saya Pupuk Pakai NPK mutiara. Photo By: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Cara pemberian pupuk NPK mutiara yaitu dengan cara ditaburkan di atas lahan bedengan persis di dekat akar tanaman. Jadi satu tanaman mendapatkan jatah 1 sendok pupuk NPK mutiara. Saat pemberian pupuk, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan akar tanaman, beri jarak setidaknya 8 - 10 cm dari pusat tumbuh tanaman.

Pemberian pupuk NPK mutiara bisa dilakukan setiap 1 bulan sekali dalam masa perawatan. Anda juga bisa mengombinasi atau menggunakan metode selang-seling dengan berbagai kombinasi jenis pupuk. Sebagai contoh, untuk 4 minggu pertama tanaman tomat sejak ditanam, maka beri pupuk NPK mutiara, selanjutnya pada minggu ke-6 atau ke-7 bisa diberikan pupuk urea/KCL/phonska/SP-36, dan jenis pupuk lainnya.

Sebagai informasi tambahan untuk anda bahwa di dalam pupuk NPK sudah terkandung unsur hara Nitrogen (N), Phosfor (P), dan Kalium (K). Ketiga unsur hara ini sangat penting untuk metabolisme sel, pembentukan jaringan embrional (meristem), pembentukan enzim dan hormon tumbuhan (fitohormon). Semoga informasi pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan lewatkan juga: Kegunaan Pemberian Pupuk NPK mutiara untuk Cabe.

Artikel Terpopuler

Cara Pemupukan TOMAT dengan Pupuk NPK Mutiara
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar