Waktu Panen dan Cara Pemetikan Buah Cabe Sesuai Prosedur yang Benar

Pertanian hortikultura cabe memang sangat digemari oleh kalangan petani di Indonesia. Karena memang secara finansial, budidaya cabe dapat menguntungkan karena setiap hari kebutuhan akan buah cabe di masyarakat sangat tinggi terutama untuk hal konsumsi sehari-hari, kuliner, dan penambahan pada produk makanan instan.

Di pasaran harga buah cabe cukup mahal, dan memang inilah saat-saat yang tepat bagi petani untuk terus membudidaya cabe di lahan yang mereka miliki. Tanaman cabe cukup mudah dibudidaya jika keterampilan, teknik, serta pengetahuan seputar budidaya cabe sangat layak diperhitungkan.

Secara general (umum), dalam pembudidayaan cabe meliputi kegiatan pengolahan tanah, penyemaian bibit, penanaman bibit di lahan terbuka (lahan bedengan bermulsa), perawatan tanaman, hingga kepada tahap yang ditunggu-tunggu petani yaitu masa panen cabai.

Cabe Lado F1
Cabe Lado F1. Photo Original (Hak Cipta by: Wahid Priyono/GuruIlmuan).

Setiap varietas tanaman cabe memiliki waktu panen berbeda-beda, dan hal ini juga sangat dipengaruhi oleh faktor perawatan tanaman yang meliputi penyiangan dan pendangiran, pemupukan, penyiraman, memberi tiang ajir/tongkat pada tanaman cabe yang baru ditanam, pemberantasan hama dan penyakit, dan serangkaian aktivitas perawatan cabe lainnya.

Jika perawatan tanaman cabe dilakukan secara benar, maka hasil panen juga akan bagus, akan tetapi jika perawatan tanaman cabe buruk dan tidak disiplin maka hasil panen pun akan buruk. Semua proses usaha yang dilakukan akan selalu berbanding lurus dengan hasil yang diperoleh. Oleh sebab itulah, dalam budidaya cabe selalu diberikan motivasi bahwa: kedisiplinan, rasa tanggungjawab, kejujuran, ulet/tekun, dan terampil merupakan upaya yang harus ditumbuhkan di dalam jiwa masing-masing petani.

Persiapan Sebelum Panen Cabe

Berbicara tentang masa panen cabe, maka akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, termasuk menyiapkan waktu panen yang tepat, sumber daya tenaga/orang yang hendak mengerjakan dalam pemetikan buah cabe, peralatan yang digunakan (termasuk ember sebagai wadah buah cabe, sarung tangan, dll) itu sangat penting dipersiapkan jauh-jauh hari, sehingga sewaktu panen tiba, semuanya sudah tersiapkan dengan baik.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Panen Cabe

Di umur 3 - 4 bulan, rata-rata tanaman cabe sudah mulai berbunga, bahkan sudah ada yang berbuah matang dan siap dipetik. Dalam pemanenan/pemetikan buah cabe, juga harus tetap mengikuti prosedur yang baik dan benar sehingga hasil panen lebih optimal, atau setidaknya menghindari kecacatan pada organ batang/tunas calon tempat bunga tumbuh, atau mencegah supaya tidak ada bunga yang rontok atau jatuh akibat pemetikan cabe yang keliru/salah kaprah.

Cara Pemetikan Buah Cabe yang Baik Sesuai Prosedur

Dalam pemetikan buah cabe sewaktu panen, maka anda perlu menggunakan tenaga/orang lain yang dipekerjakan (diberi upah). Hal ini berlaku jika dalam pembudidayaan cabe menggunakan lahan berhektar-hektar, karena jika dikerjakan sendiri justru akan memakan waktu relatif lama, dan pada akhirnya tidak terselesaikan dengan baik sesuai deadline.

Berikut ini langkah-langkah dalam pemetikan buah cabai sesuai prosedur yang benar:

  • Pemetikan buah cabe diusahakan waktu siang menjelang sore hari;
  • Gunakan ember/bakul untuk mengunduh/memanennya;
  • Pemetikan buah cabe bukan dicabut atau ditarik ke arah atas, akan tetapi dipluntir searah jarum jam; Jika pemetikan salah justru akan merusak bunga-bunga lainnya yang sedang tumbuh dan berkembang;
  • Pemetikan buah cabe diprioritaskan pada buah yang sudah tua/matang, sisa buah yang belum matang dipanen pada hari-hari berikutnya;
  • Pada tanaman cabe dengan buah lebat, maka pemilihan buah yang tua dan siap petik harus selektif, hindari pemetikan yang keliru, lakukan pemetikan dengan tangan kanan sesuai arah jarum jam/dipluntir, sementara tangan kiri memegang beberapa ruas batang di sekitar buah yang hendak dipetik, hal ini bertujuan supaya bunga-bunganya tidak rontok.
Semoga informasi di atas berguna bagi anda semua, jangan lupa juga silakan baca artikel berikut ini: Cara Memetik Buah Cabe Sesuai Anjuran yang Baik dan Benar.

Artikel Terbaru

Waktu Panen dan Cara Pemetikan Buah Cabe Sesuai Prosedur yang Benar
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

November 26, 2017 at 10:52 PM Delete

Nggak bisakah di gunting ???
Kayaknya lebih cepat kalo di gunting

Reply
avatar
December 8, 2017 at 9:12 AM Delete

Hallo bu Eka Aisati. Salam kenal. Iya bu untuk pemetikan buah cabe bisa kok bu digunting (menggunakan gunting untuk memetik buah cabe). Itu lebih bagus dan cepat. Semoga membantu. Terimakasih dan salam kenal untuk anda.

Reply
avatar