Langkah-Langkah Menyemai BENIH TERONG Agar Tumbuh Optimal

Aktivitas penyemaian benih terong sangat berbeda dengan penyemaian benih cabe karena dari ukuran dan juga syarat tumbuh kedua tanaman tersebut berbeda.

Namun, cara yang paling bagus dari penyemaian benih terong yakni dengan menyemainya langsung di lahan gulutan/bedengan kecil yang diberikan pupuk dasar dari kotoran kambing/ayam.

Pohon Terong Ungu Mulai Berbunga dan Menghasilkan Buah
Pohon Terong Ungu Mulai Berbunga dan Menghasilkan Buah, Photo Original Milik Wahid Priyono,S.Pd (admin Guruilmuan Indonesia).

Untuk tatacara/langkah-langkah prosedur penyemaian benih terong adalah sebagai berikut:




  • Pertama-tama adalah menggemburkan lahan/tanah kemudian buat menjadi beberapa bedengan kecil sesuai kebutuhan biji terong yang hendak disemai;
  • Setelah bedengan dibuat, selanjutnya taburi dibagian atas bedengan dengan biji yang disebarkan secara random (acak). Pastikan bahwa biji tidak berdampingan secara rapat;
  • Biji yang sudah disebar di atas lahan bedengan kecil tersebut, kemudian ditutup dengan pupuk dari kotoran ayam/kambing yang telah dihaluskan, dan selanjutnya adalah menyiram lahan bedengan tersebut hingga tanahnya menjadi lembab. Kelembaban tanah yang cukup tinggi akan mempengaruhi dalam proses perkecambahan biji dan merangsang enzim serta hormon giberelin pada biji untuk aktif bekerja.
  • Terakhir yakni menutup bagian atas lahan bedengan yang telah terdapat biji terong tersebut dengan menggunakan anyaman daun kelapa, atau bisa dibuatkan gubuk-gubuk kecil;
  • Tunggu hingga 4 - 5 hari, biasanya benih sudah tumbuh berkecambah;
  • Selanjutnya adalah menyingkirkan penutup dari anyaman daun kelapa tersebut dan tumbuhkan benih berkecambah tersebut dengan cahaya matahari yang cukup supaya pertumbuhan dan perkembangan benih menjadi lebih optimal.
  • Benih yang telah tumbuh menjadi dewasa, biasanya di atas umur 20 hari sudah tumbuh optimal dan tinggal dipindahkan di lahan terbuka lainnya, seperti di lahan bedengan yang panjang dan luas.
Itulah tadi tentang bagaimana langkah-langkah menyemai benih terong agar tumbuh lebih optimal. Maka, sebagai seorang petani/pecinta perkebunan anda sangat dianjurkan untuk mencoba cara di atas, selamat mempraktekan, semoga berhasil. Baca juga: Panduan Praktis Budidaya Terong Ungu dan Terong Lalap.

Lahan Tanam Terong Ungu
Lahan Tanam Terong Ungu, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Artikel Terpopuler

Langkah-Langkah Menyemai BENIH TERONG Agar Tumbuh Optimal
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar