Ciri-Ciri Ubi Jalar Telah Berbuah Banyak

Ubi jalar merupakan tanaman dari jenis pangan yang lebih banyak mengandung komposisi zat gizi karbohidrat. Layaknya ubi kayu (singkong), ubi jalar juga telah menolong manusia dari krisis pangan di Indonesia pada era tahun 60-an, dimana pada saat itu Indonesia cukup kehabisan makanan pokok harian, sehingga singkong dan ubi jalar (mantang) menjadi alternatif untuk mencukupi kebutuhan masyarakat setempat.

Ubi jalar telah banyak dibudidayakan oleh banyak petani di nusantara. Pembudidayaan tanaman yang cukup mudah sehingga masyarakat petani paling gemar membudidaya tanaman ini.

Cara penanaman, perawatan, dan pemilihan lingkungan tanam yang sesuai dengan kondisi cuaca dan iklim di daerah setemat juga terbukti berpengaruh terhadap produktivitas hasil panen ubi jalar. Sehingga petani harus paham betul terkait dengan kondisi di lingkungan dimana akan diadakan kegiatan budidaya.

Pengecekan Tanaman Ubi Jalar Telah Berbuah
Pengecekan Tanaman Ubi Jalar Telah Berbuah, Foto Original Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Selama dalam perawatan tanaman mulai dari tanam awal hingga pemanenan, biasanya para petani akan kebingungan, terkait dengan ciri-ciri dari ubi jalar telah berbuah seperti apa. Berikut ini beberapa ciri dari ubi jalar yang telah menghasilkan buah (umbi).

  • Pada beberapa ruas batangnya terdapat daun yang sudah mulai berguguran, beberapa daunnya ada yang sudah berwarna cokelat dan atau menguning;
  • Di sekitar pusat tumbuh tanaman tanahnya sudah ada yang retak-retak yang merupakan pertanda bahwa tanaman ubi jalar telah menghasilkan buah. Sebagai eksperimen, sebenarnya anda dapat langsung mendongker (mengorek tanah) hingga muncul/ditemukan adanya umbi yang membesar pada beberapa tanaman;
  • Pada bagian batang tanamannya biasanya telah membesar, serta getah berwarna putih dari derivat epidermis batangnya telah mulai berkurang;
  • Beberapa ruas batang tanaman sudah banyak yang merunduk ke bawah tanah, serta telah banyak yang menjalar ke segala arah.
Itulah tadi penjelasan terkait beberapa ciri-ciri dari ubi jalar yang telah menghasilkan buah. 

Ubi Jalar Berbuah Besar-Besar
Ubi Jalar Berbuah Besar-Besar, Foto Original by: Guruilmuan (Wahid Priyono)


Semoga apa yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat dan menambah referensi pengetahuan untuk rekan-rekan petani dan pekebun dimana saja anda berada. Ayo berkebun, salam budidaya pertanian. Jangan lupa tambahkan wawasan anda dengan  mengklik link artikel terkait tentang: Cara Budidaya Ubi Jalar Organik Agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Ciri-Ciri Ubi Jalar Telah Berbuah Banyak
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar