Cara Merawat CABE Umur 1, 2, 3, dan 4 Bulan Yang Baik dan Benar

Pertanian cabe sangat digemari oleh petani untuk selalu dibudidaya pada waktu-waktu tertentu. Tak heran jika, dikebanyakan wilayah di Indonesia hampir semua petaninya sangat meminati bercocok tanam cabe, baik yanag dilakukan di daerah pegunungan, di areal persawahan, ladang, atau perkebunan hortikultur tanaman khusus cabe.

Dalam budidaya cabe baik itu jenis cabe merah, cabe rawit, cabe ungu, cabe hijau keriting lado hibrida, dan beberapa jenis lainnya, tentu saja para petani memang harus terlebih dahulu mengalokasikan dana (biaya) selama melakukan budidaya cabe. Tak heran jika dalam budidaya cabe dalam skala besar, dengan lahan berhektar-hektar cenderung lebih banyak mengeluarkan modal yang tak sedikit, namun cukup banyak.

Hasil panen cabai yang melimpah ruah, serta banyak mendatangkan keuntungan terkadang sangat sulit dilakukan manakala pengetahuan terkait tips dan trik ampuh bagaimana mendongkrak produktivitas panen cabe dengan hasil panen memuaskan.

Berdasarkan pengalaman, faktor yang paling dominan dalam menentukan banyak sedikitnya hasil panen buah cabai ditentukan oleh bagaimana petani/pekebun merawat tanamannya mulai dari tahap penyiraman, pendangiran, pemupukan secara berkala, hingga tahapan lain seperti penyulaman dan pengendalian hama serta penyakit pada tanaman cabe.

Tanaman Cabe Jengki Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Jengki Berbuah Lebat, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Dalam perawatan tanaman budidaya cabe tentu saja membutuhkan banyak persiapan yang harus digodok matang oleh petani, sehingga ke depannya petani sudah berpengalaman tentang cara budidaya cabe.

Biasanya tanaman cabe akan sudah berbuah ketika berumur 3 - 4 bulan. Namun kebanyakan petani telah merasakan bahwa tanaman cabe sudah banyak menghasilkan bunga dan buah pada umur 4 bulan. Selama masa 4 bulan tersebut petani dapat sesegera mungkin memetik hasil panen langsung sesuai kebutuhan, atau istilahnya dapat dipetik secara bertahap baik seminggu 2 kali, atau dengan frekuensi tertentu sesuai permintaan pasar.

Perawatan tanaman cabe berdasarkan pengalaman akan saya bagi menjadi 4 rentang bulan, disesuaikan dengan usia tanam tumbuhan cabe, serta masa-masa yang harus tepat diberikan perlakukan tertentu supaya tanaman cabe lebih

1. Umur Cabe 0 Hari - 1 Bulan

Pada umur cabe demikian maka tugas petani fokuskan saja pemberian pupuk kandang dari kotoran sapi yang telah dikeringkan pada beberapa tanaman cabe. Pupuk kandang dari kotoran tahi ayam sangat penting dan lebih banyak mengandung unsur Nitrogen dan Phosfor yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan organ tanaman.

Pada umur tanaman cabe 0-7 hari biasanya memasuki masa semai bibit, selanjutnya pada umur 7 - 20 hari pemindahan pembesaran bibit di dalam wadah pot polybag, dan pada umur di atas 21 - 30 hari dimana pemupukan organik dengan kotoran ternak sudah seharusnya dilakukan pada masa-masa ini.

Sebagai wawasan anda juga dapat membaca artikel: Cara Semai Cabe "Steril Pro", Dihasilkan Tanaman Serentak.

Perawatan lainnya pada masa tanam umur 0-1 bulan yang lainnya adalah, penyulaman jika sewaktu-waktu ada tanaman yang mendadak mati, lakukan penyiangan (pembuangan gulma/rumput liar pengganggu tanaman cabe) sejak sedini mungkin, penyiraman rutin khususnya pada tanaman yang masih dalam tahap pertumbuhan, lakukan pendangiran, dan pengecekan tanaman dari kemungkinan adanya serangan hama dan penyakit pada tanaman.

2. Umur Cabe 1 Bulan - 2 Bulan

Pada rentang umur cabe menginjak umur 1-2 bulan, alangkah baiknya diberikan pupuk phoska cair. Cara pembuatan pupuk phonska cair silakan baca: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe.

Seperti pengalaman sebelumnya, saya sangat merekomendasikan bagi para petani untuk mencoba membuat larutan pupuk phonska cair seperti yang telah diberikan pada link di atas.

Pupuk phonska cair sangat terbukti ampuh dalam mendongkrak pertanian cabe supaya menghasilkan buah lebat, banyak, serta tanamannya akan jauh lebih subur dibandingkan tanpa penggunaan phonska.

Waktu yang ideal pemberian larutan pupuk phonska cair yakni dengan saat tepat tanaman berumur 1 - 1,5 bulan. Dengan begitu, tanaman akan terangsang untuk menghasilkan pembungaan dan buah yang lebat-lebat dan tanaman akan jauh lebih lama pertahanan hidupnya dari serangan hama dan penyakit tanaman yang sangat pesat.

Perawatan lain juga penting yakni tetap lakukan pengontrolan pada tanaman, penyiraman (jika sewaktu-waktu dibutuhkan jika lahan tanam/media tanah terlihat kering akibat kemarau panjang, juga dapat pula anda mencoba melakukan perempelan pada tanaman cabe pada umur tepat 2 bulan atau lebih sedikit tidak jadi masalah. Baca cara perempelen tanaman cabe: Perempelan: Cara Mempercepat Waktu Panen Cabai Supaya Berbuah Lebat.

3. Umur Cabe 2 Bulan - 3 Bulan

Jika umur cabe sudah menginjak umur 2 - 3 bulan, dengan perawatan yang bagus maka sudah semestinya tanaman menghasilkan bunga dan buah yang cukup banyak. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan pada masa tanam umur demikian, yakni tetap selalu mengontrol pertumbuhan tanaman, serta jangan sampai tanaman tumbuh kerdil, batangnya kurus, serta rentan terserang penyakit maupun hama pada tanaman cabe. Baca juga: Jenis Hama Penyakit Pada Tanaman Tomat dan Cabe.

4. Umur Cabe 3 - 4 Bulan

Pada umur tanam cabai 3-4 bulan, cukup lakukan pengontrolan tanaman secara periodik, dan dapat pula melakukan penyiraman tanaman untuk menjaga kelembaban tanah, supaya nitrisi tanaman mudah terlarut kemudian diangkut ke bagian pembuluh xilem pada akar tanaman.

Tanaman Cabe Rawit Jengki Mulai Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Rawit Jengki Mulai Berbuah Lebat, Foto Original: Wahid Priyono

Umur tanaman cabe 3-4 bulan biasanya usia ideal dimana petani sudah mulai memanen cabe di lahan pertanian mereka. Cara pemanenannya dapat dilakukan secara bertahap, dari waktu ke waktu. Biasanya untuk sekali musim tanam, cabe dapat dipanen sebanyak 11 - 15 kali.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang cara merawat cabe umur 1,2,3, dan 4 bulan yang baik dan benar. Tentu apa yang telah saya bagikan di atas adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika berhasil membudidayakan tanaman cabe dengan hasil panen yang cukup menguntungkan, serta buah cabenya lebih banyak, berbuah lebat dan tanamannya sangat subur.

Selamat mempraktekkan, semoga anda berhasil dalam membudidaya tanaman cabe. Sebagai bahan referensi, silakan baca juga artikel tentang: Panduan Lengkap Budidaya Cabe Merah Agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Cara Merawat CABE Umur 1, 2, 3, dan 4 Bulan Yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

1 komentar:

December 15, 2015 at 12:22 PM Delete

keren artikel tentang cara merawat cabe umur 1, 2, 3 dan 4 bulan..

Reply
avatar