Cara Mencangkok JAMBU BIJI Dengan Sistem "Berderet" Dalam Satu Batang

Cara mencangkok jambu biji dengan menggunakan sistem "berderet" dalam satu ranting atau dalam satu batang saat ini sedang populer dilakukan oleh para rekan-rekan pembudidaya tanaman hortikultura buah.

Sistem cangkok jambu dengan cara berderet ini sudah pernah dicoba dan hasil cangkoknya cukup bagus, dan lebih banyak menghasilkan buah. Coba anda perhatikan gambar di bawah ini.


Hasil Cangkok Jambu Biji Dengan Sistem Berderet Telah Berbuah Lebat
Hasil Cangkok Jambu Biji Dengan Sistem Berderet Telah Berbuah Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)




Gambar di atas adalah salah satu hasil dari cara mencangkok jambu biji dengan sistem berderet. Dengan begitu, terlihat berdasarkan praktek akan didapat tanaman yang lebih produktif, cepat mengalami pertumbuhan dan pembungaan, serta buahnya cukup banyak serta menguntungkan.

Jika anda tertarik untuk melakukan cangkok jambu dengan sistem di atas, mari ikuti langkah-langkah berikut ini.
Cangkok Jambu Biji Berderet Dalam Satu Batang Tanaman Sejenis
Cangkok Jambu Biji Berderet Dalam Satu Batang Tanaman Sejenis, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)
  • Siapkan beberapa bahan dan beberapa alat berikut ini: pisau tajam, air bersih, kapas/tisu kering, plastik bening/transparan, tali rafia, jarum pentol, tanah liat yang sudah ditambahkan dengan pupuk kandang dari tahi ayam dengan perbandingan (tanah:pupuk kotoran ayam = 3:1).
  • Setelah bahan-bahan di atas disiapkan, selanjutnya kita akan memulai untuk melakukan cangkok, yakni pertama-tama anda harus mencari batang/ranting dari tanaman induk jambu biji yang produktif dan terbukti telah menghasilkan buah yang banyak. Sebaiknya pilihlah batang dari tanaman induk yang telah berumur di atas 2 tahun (akan lebih bagus);
  • Setelah memilih batang tanaman induk ditentukan, selanjutnya adalah menggunakan pisau tajam untuk mengupas pada bagian kulit batang hingga membentuk diameter tertentu (caranya seperti mencangkok tanaman mangga dan yang lainnya). Biasanya setelah dikelupas, pada bagian yang dikelupas akan nampak adanya cairan yang seperti lendir dan ini dinamakan sebagai kambium pada batang tanaman. Kambium ini harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum dilakukan cangkok lebih lanjut. Pencangkokan tanpa membuang unsur kambium ini dapat membuat hasil cangkok tidak maksimal atau gagal;
  • Biarkan beberapa jam hingga cairan kambium tersebut hilang/kering. Jadi biarkan saja sekitar 3-5 jam hingga kering. Cara lain untuk mempercepat penghilangan unsur cairan kambium adalah dengan mengelapnya menggunakan tisu/kapas kering yang bersih;
  • Selanjutnya adalah mengambil secukupnya (1-2 genggam) campuran tanah dan kotoran ayam yang telah dibuat dan siramlah secukupnya menggunakan air bersih supaya campuran tersebut menjadi lembab, lalu letakkan pada plastik transparan dan selanjutnya bungkuskan pada batang tanaman yang sudah kelupas tadi;
  • Pada kedua ujung plastik transparan yang digunakan untuk membungkus tanah pada batang yang dicangkok lalu diikat menggunakan tali rafia.
  • Tahap terakhir adalah melubangi secara acak pada permukaan plastik transparan menggunakan jarum pentol supaya proses hidup tanaman dapat berjalan optimal;
  • Tunggulah sekitar 2 - 3 bulan, pasti sudah banyak akar tanaman yang tumbuh di sekitar plastik pembungkus tanah tersebut. Dan pada tahap inilah anda sudah siap memotong tanaman jambu biji dari tanaman induknya untuk dipindahkan ke lahan tanam lain.
Sangat banyak sekali keuntungan dari sistem cangkok jambu biji menggunakan sistem berderet. Anda sangat direkomendasikan untuk mencobanya. Sebab, dengan sistem tersebut sudah banyak dibuktikan oleh banyak petani akan jauh lebih banyak menghasilkan buah pada masa-masa panen tertentu. Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan lupa baca juga artikel berikut ini untuk menambah pengetahuan anda: 3 Teknik Memilih Batang Tanaman Untuk Dicangkok.

Artikel Terpopuler

Cara Mencangkok JAMBU BIJI Dengan Sistem "Berderet" Dalam Satu Batang
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

4 komentar

December 14, 2015 at 10:52 PM Delete

Pengen mencoba mencangkok jambu biji dengan sistem berderet. Thanks atas informasi dari Anda, sangat-sangat bermanfaat untuk kami para pekebun..

Reply
avatar
December 15, 2015 at 12:21 PM Delete

sama saya juga pengen mencoba mencangkok... keren tulisannya.. lanjutkan..saya juga pekebun..dan sering baca2 tulisan anda.

Reply
avatar
December 15, 2015 at 4:24 PM Delete

Keren artikelnya. Saya barusan menemukan artikel anda ini. Sangat bermanfaat sekali. Saya penggemar blog anda.

Reply
avatar
December 15, 2015 at 10:40 PM Delete

Terimakasih atas komentar temen-temen di atas. Salam kenal semuanya.

Reply
avatar