Analisis Menanam Ubi Jalar Organik Supaya Menguntungkan

Ubi jalar adalah jenis tanaman merambat yang mampu menghasilkan umbi sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas. Penanamannya sangat mudah sehingga para petani cukup menyiapkan lahan sesuai kebutuhan.

Sementara itu, untuk bibit tanam ubi jalar dapat diperoleh secara vegetatif dan generatif. Dimana pembibitan secara generatif dilakukan secara langsung dengan mengambil tunas yang terdapat pada bagian umbinya, dan pembibitan secara vegetatif dilakukan dengan mengambil bagian batang tanamannya kemudian ditanam ke dalam tanah.

Budidaya Ubi Jalar Organik Di Tanah Liat Berpasir Lebih Menguntungkan
Budidaya Ubi Jalar Organik Di Tanah Liat Berpasir Lebih Menguntungkan, Foto Original By: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Faktor berhasil atau tidaknya dalam budidaya tanaman mantang (ubi rambat/ubi jalar) ini dipengaruhi oleh banyak kondisi, seperti faktor cuaca dan iklim, tantangan anomali cuaca, faktor penanaman dan perawatan hingga kepada faktor pembudidayaan yang sesuai dengan jenis tanah.

Harga ubi jalar memang cukup mahal di pasaran sebab fungsi dari umbinya yang telah banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan kuliner seperti keripik jalar, getuk mantang, ubi cilembu bakar, dan lain sebagainya.

Untuk membudidaya lahan ubi jalar sebanyak 1 hektar tentu membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak dan tentunya estimasi biaya yang harus dikeluarkannya juga tidak sedikit, oleh karena itu pikirkan matang-matang tentang rincian dana yang hendak dikeluarkan seperti biaya pembelian bibit tanam, biaya pembelian pupuk kandang, peralatan pertanian penunjang lainnya. Akan lebih baik jika biaya-biaya tersebut anda rinci secara detail sehingga faktor pemasukan dan pengeluaran akan sebanding, dan tercatat dalam buku-buku (draft pertanian anda).

Jenis tanah yang cocok untuk membudidaya ubi jalar adalah jenis tanah lempung berpasir, atau liat berlempung. Kedua jenis tanah ini menjadi pilihan petani dan paling banyak terdapat di daerah-daerah persawahan, ladang, dan di perkebunan holtikultura lainnya.

Sebaiknya untuk menanam ubi jalar dilakukan saja dengan pembibitan secara vegetatif menggunakan batang tanaman induk yang produktif dan terbukti pernah menghasilkan umbi dalam jumlah yang besar-besar.

Untuk cara membudidaya tanaman ubi jalar secara organik, silakan anda dapat membacanya pada artikel khusus tentang: Cara Budidaya Ubi Jalar Organik Agar Cepat Berbuah Lebat.

Buah Mantang Super Besar Yang Dibudidaya Secara Organik
Buah Mantang Super Besar Yang Dibudidaya Secara Organik, Foto Orisinil Oleh: Wahid Priyono

Semoga dengan mempraktekan cara budidaya ubi jalar organik di atas, maka hasil panen pertanian ubi jalar anda akan semakin melimpah dan menguntungkan nantinya ketika dijual dipasaran.

Itulah tadi sekelumit penjelasan tentang analisis menanam ubi jalar supaya menguntungkan. Semoga bermanfaat. Ayo berkebun.




Artikel Terpopuler

Analisis Menanam Ubi Jalar Organik Supaya Menguntungkan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar